Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Pariwisata Tidore, Luhut: Banyak Harta Karun yang Dapat Digali

Kompas.com - 27/11/2022, 08:04 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

TIDORE, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri Acara Puncak Sail Tidore 2022, di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabtu (26/11/2022). Dalam sambutannya, Luhut mengatakan bahwa Sail Tidore 2022 merupakan bukti komitmen pemerintah untuk terus mendukung pemulihan pariwisata nasional.

“Acara ini merupakan bukti komitmen pemerintah untuk terus mendukung pemulihan pariwisata nasional,” kata Luhut dalam siaran pers.

Luhut juga mengatakan, Sail Tidore dapat menjadi kesempatan Indonesia untuk me-rebranding wisata bahari nusantara. Tidak hanya itu, Sail Tidore juga dapat dijadikan memomentum untuk memperkuat, branding BanggaBerwisataDiIndonesiaAja.

Baca juga: Sail Tidore 2022, Kemenhub Siapkan Hotel Terapung

“Sail ke-12 diselenggarakan di Kota Tidore yang memiliki beragam pesona dimulai dari warisan sejarah hingga alam bahari, yang menyimpan banyak harta karun unik. Hal tersebut memberikan pesan kepada kita untuk memanfaatkan potensi ini sebaik mungkin khususnya melalui acara ini,” ujar Luhut.

Dalam acara ini, Menko Luhut meminta kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan pemerintah daerah agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi pariwisata Tidore ke depannya.

“Banyak harta karun yang dapat kita gali di Tidore, pertama wisata bawah air yang memendam benda muatan asal kapal tenggelam dan bernilai sejarah yang dapat dijadikan atraksi wisata minat khusus,” katanya.

Baca juga: Luhut Minta Dana Ganti Rugi Tumpahan Minyak Montara Dikelola secara Profesional


Kemudian, potensi Tidore sebagai jalur strategis sailing yang dapat dimanfaatkan untuk menarik kapal-kapal yacht, dan Ketiga sektor unggulan pertanian seperti cengkeh dan pala yang dapat dipasarkan secara luas.

Luhut juga mengajak semua yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam festival dan lomba, berbelanja produk-produk UMKM lokal dan daerah, serta promosikan acara Sail Tidore ini di berbagai kenal media sosial.

“Sambil menjelajah keindahan Tidore, mari kita dukung Tidore semakin dikenal lebih luas oleh masyarakat di nusantara maupun internasional,” tutup Luhut.

Baca juga: Sail Tidore 2022, Upaya Mendorong Kejayaan Jalur Rempah Nusantara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+