Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR: Minat Investasi di IKN Nusantara Naik 25 Kali Lipat

Kompas.com - 28/11/2022, 18:42 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, minat investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara meningkat 25 kali lipat dari total lahan yang ditawarkan pada tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022)

"Minat investasi di IKN dapat kami melaporkan mengalami peningkatan 25 kali lipat dari total lahan yang ditawarkan pada sosialisasi awal pada tahun 2022 Agustus, dari semula 38 hektar jadi 965 hektar untuk pembangunan fasilitas pendidikan, kesehatan, perumahan dan perkantoran," kata Basuki.

Baca juga: Indonesia dan Brunei Darussalam Bahas Kerja Sama Infrastruktur di IKN Nusantara

Basuki mengatakan, investasi pada fasilitas pendidikan atau zona 1B seluas 41 hektar yang terdiri dari perguruan tinggi, sekolah internasional, dan lembaga riset swasta.

Kemudian, investasi pada fasilitas kesehatan atau zona 1B seluas 29 hektar yang terdiri dari rumah sakit nasional terpadu dan rumah sakit lainnya.

"Sektor perumahan seluas 155 hektar pada zona 1A dan 1B untuk kawasan residensial, dan investasi pada perkantoran jasa dan komersil seluas 14,4 hektar meliputi area perkantoran PMR, retail outlet dan departemen store," ujarnya.

Baca juga: BI Bersiap Pindah ke IKN Tahun Depan


Lebih lanjut, Basuki mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan IKN Nusantara, pihaknya telah berkirim surat kepada Kementerian Keuangan terkait kebutuhan anggaran tahun 2023 sebesar Rp 12,7 triliun.

"Anggaran ini untuk pembangunan jalan kerja logistik dan akses jalan KIPP dan pembangunan hunian ASN dan TNI Polri," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com