Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Peran Industri Telekomunikasi Mendukung Potensi Startup di Indonesia?

Kompas.com - 28/11/2022, 22:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dinilai masih menjadi magnet bagi perkembangan industri startup. Bahkan Indonesia berhasil menduduki peringkat enam terbanyak di dunia dengan jumlah mencapai 2.444 startup.

Andi Kristianto, CEO INDICO, anak perusahaan Telkomsel yang fokus dalam pengembangan ekosistem digital mengatakan, masifnya jumlah startup di Indonesia telah membuat kompetisi industri startup semakin ketat dan menuntut startup untuk semakin jeli melihat peluang inovasi agar mampu bertahan.

“Dukungan ekosistem digital yang tepat lantas berperan krusial sebagai stimulus bagi startup untuk terus tumbuh. Salah satu industri yang dinilai dapat memberikan dukungan ekosistem digital yang mumpuni bagi startup adalah telekomunikasi, yang telah menjadi backbone bagi sektor digital di sebuah negara,” kata Andi dalam siaran pers, Minggu (27/11/2022).

Baca juga: Telkomsel Resmikan Indico, Brand untuk Anak Usaha Digital

Andi mengatakan, pihaknya juga optimistis terhadap dukungan ekosistem digital dari industri telekomunikasi yang mampu mendorong bisnis startup saat ini. Di Indonesia, industri telekomunikasi memiliki peran krusial di berbagai sektor, terlebih mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Selain itu, sebagai sebuah industri yang sudah matang dan beroperasi selama puluhan tahun, industri telekomunikasi menyimpan aset dan kapabilitas yang sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai enabler terhadap keberlangsungan bisnis digital saat ini.

Baca juga: Ada Isu Resesi 2023, Investor Enggan Suntik Dana ke Startup?

Sebagai strategi untuk mengoptimalkan ekosistem digital yang solid bagi startup, Andi mengatakan pihaknya menekankan pentingnya para pelaku startup untuk memformulasikan ekosistem digitalnya guna memastikan keberlangsungan.

“Ekosistem digital yang ideal dapat terus mendorong pertumbuhan tiga sektor yang memiliki potensi besar di industri digital, yaitu edukasi, kesehatan, dan gaming,” lanjut dia.

Melalui forum diskusi di Ideafest, Andi mengungkapkan bahwa pihaknya turut merangkul para pelaku startup dan industri kreatif untuk bersama-sama merumuskan strategi dalam mengoptimalkan kapabilitas industri telekomunikasi tersebut sebagai ekosistem digital yang solid bagi startup.

“Kondisi yang menantang pada saat ini semakin menuntut startup untuk dapat segera membuktikan bahwa bisnis mereka tengah menuju profitabilitas. Oleh karena itu, keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup menjadi semakin krusial,” lanjut dia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+