Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Papan Ekonomi Baru yang Bakal Diluncurkan BEI Pekan Depan

Kompas.com - 29/11/2022, 14:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan papan perdagangan saham baru, yakni papan ekonomi baru (new economy), pada Senin (5/12/2022). Peluncuran dilakukan setelah BEI mengantongi persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, ketentuan yang telah direstui oleh OJK ialah Peraturan Bursa Nomor 1Y tentang Pencatatan Saham Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat di Papan Ekonomi Baru.

"Ini lah yang selama ini kita tunggu, untuk kita secara resmi bisa meluncurkan papan ekonomi baru," ujar dia dalam edukasi wartawan pasar modal, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Sandiaga: Tak Perlu Diperdebatkan Lagi, Kebaya Budaya Luhur Bangsa Indonesia

Lebih lanjut Jeffrey menjelaskan, papan ekonomi baru merupakan papan perdagangan saham yang setara dengan papan utama, yakni papan yang diperuntukan untuk perusahaan besar dan memiliki rekam jejak keuangan baik. Namun, dalam aspek jejak keuangan BEI menjadikan pertumbuhan pendapatan sebagai persyaratan emiten untuk masuk papan ekonomi baru.

"Kriteria perusahaan yang dapat tercatat di papan ekonomi baru ini nantinya akan yang telah dimuat dalam peraturan 1Y itu setara dengan papan utama dengan beberapa ketentuan," kata Jeffrey.

Sementara itu, Spesialis Pengembangan Peraturan dan Perusahaan Tercatat BEI Syandy Ramadhan menjelaskan, papan ekonomi baru merupakan papan pencatatan yang disediakan untuk mencatatkan saham dari perusahaan yang menggunakan teknologi untuk menciptakan inovasi produk dan atau jasa, yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi serta memiliki kemanfaatan sosial, dan memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi.

"Perusahaan yang tercatat di papan ekonomi baru memiliki bidang khusus yang memberikan kemanfaatan sosial dan memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi," ujarnya.

Baca juga: Lowongan Kerja KAI Services untuk Lulusan SMA, Simak Persyaratannya


BEI mencatat, terdapat 5 tujuan dari implementasi papan ekonomi baru. Pertama, untuk perkembangan perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan menciptakan inovasi.

Kemudian, untuk memfasilitasi tren penawaran saham umum perdana atau IPO perusahaan berbasis teknologi yang semakin meningkat. Lalu, sebagai terusan dari penerbitan Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2021 tentang Klasifikasi Saham dengan Hak Suara Multipel oleh Emiten dengan Inovasi dan Tingkat Pertumbuhan Tinggi yang Melakukan Penawaran Umum Bersifat Ekuitas Berupa Saham.

Tujuan keempat, yakni diperlukannya segmentasi khusus pada papan pencatatan BEI. Terakhir, sebagai wujud perlindungan investor dalam menentukan strategi investasi.

Baca juga: Bos BEI: Papan Perdagangan Ekonomi Baru Meluncur 5 Desember 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+