Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Wamentan dan Kasau Tanam Sorgum di Lanud Sutan Sjahrir, Padang

Kompas.com - 30/11/2022, 16:35 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Husnul Qolbi bersama Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Tentara Nasional Indonesia (TNI) Fadjar Prasetyo melakukan penanaman sorgum di Landasan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Kota Padang, Selasa (29/11/2022).

Penanaman bibit sorgum tersebut merupakan program pencanangan yang nantinya akan dilaksanakan di seluruh lanud di Indonesia.

Wamentan Harvick Husnul Qolbi mengatakan, pihaknya telah merancang program pencanangan penanaman sorgum melalui kesepakatan dengan TNI.

Penanaman sorgum itu, sebut dia, turut memperlihatkan peran aktif TNI dalam menyukseskan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan.

Baca juga: [POPULER MONEY] Koperasi Pasar Induk Cipinang Bantah Klaim Stok Beras Kementan | Pembangunan IKN Nusantara Dikebut

"Sesuai arahan Presiden yang dituangkan dalam amanat UU dan juga diterjemahkan dalam Perpres, maka dari itu segera kita sikapi," ujar Harvick, dikutip dari keterangan persnya, Kamis (30/11/2022).

Harvick menjelaskan, penanaman sorgum menjadi alternatif produk pertanian atau agrikultur. Sebab, sorgum merupakan tanaman selain padi, kedelai, jagung, dan sagu yang bisa menjadi alternatif bahan pokok.

Harvick pun berharap sorgum di Indonesia bisa terus dikembangkan menjadi beraneka ragam varian.

"Sudah disampaikan oleh Pak Kasau, ke depan mungkin kita akan membuat pabrik untuk hilirisasi nantinya, tentunya kita sinergikan mana yang perlu untuk masyarakat sekitar untuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Misalnya jadi beras sorgum, tepung sorgum," ujarnya.

Baca juga: Ombudsman RI: Kementan Dinyatakan Lakukan Maladministrasi Terkait Pendataan Kartu Tani untuk Penerima Pupuk Bersubsidi

Ia mengatakan, sorgum adalah tanaman yang rendah gula, sehingga bisa menunjang kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pencanangan penanaman sorgum ini merupakan wujud kerja sama yang baik antara Kementan dan TNI, khususnya TNI Angkatan Udara (AU).

Menurut Fadjar, TNI AU telah berkomitmen membantu pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

"TNI AU punya lahan yang cukup luas, dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ini, untuk itu kita wujudkan hari ini," ujar Fadjar.

Baca juga: Koperasi Pasar Induk Cipinang Bantah Kementan soal Stok Beras Melimpah

Selain itu, dia menyebutkan, TNI AU juga akan menyiapkan lahan di lanud lain untuk penanaman sorgum.

"Sebelumnya, TNI juga sudah berpartisipasi dalam rangka ketahanan pangan dalam bentuk kain dan tanaman yang lain," tuturnya.

Untuk diketahui, sorgum adalah tanaman jenis rumput-rumputan dan masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum.

Tanaman ini dinilai serbaguna yang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, pakan ternak, bio energi, dan bahan baku industri.

Baca juga: Lewat RJIT, Kementan Dukung Peningkatan Produktivitas Petani Seram Barat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com