Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoTo Sedang Fokus Efisiensi, Kerja Sama dengan TBS Energi Tetap Berjalan Baik

Kompas.com - 01/12/2022, 14:57 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten tambang, PT TBS Energi Utama Tbk (kode saham TOBA) memastikan, kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (kode saham GOTO) berjalan dengan baik, meskipun perusahaan teknologi itu sedang fokus melakukan efisiensi.

Wakil Direktur Utama TBS Energi Utama Pandu Sjahrir mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan GoTo dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik berjalan dengan baik, tercemin dari kinerja perusahaan patungan kedua pihak, Electrum.

"Poin yang paling penting adalah dari segi kerja sama kami berjalan sangat baik. Ke depan kita juga masih sangat fokus pengembangan ekosistem ini," ujar dia, dalam konferensi pers Paparan Publik Tahunan TBS Energi Utama, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Strategi TBS Energi Kejar Netralitas Karbon pada 2030

Dalam paparannya, Pandu bilang, perkembangan di sisi pembangunan ekosistem kendaraan listrik melalui Electrum berada dalam momentum positif selama 1 tahun terakhir, tercermin dari hasil uji coba yang dilakukan perusahaan.

Antusias masyarakat terhadap uji coba kendaraan listrik Electrum dinilai sangat baik, terefleksikan dari data total jarak tempuh 500 motor listrik Gojek yang mencapai 4,5 juta kilometer.

Selain itu, perusahaan menargetkan proses pembangunan fasilitas perakitan dan manufaktur motor listrik bisa dilakukan pada tahun depan.

"Sekarang tugas kita mengeksekusi project tersebut. Jadi menurut saya hasil dari semua fakta-fakta yang ada sangat positif," kata Pandu.

Baca juga: TBS Energi Utama Operasikan PLTU Berkapasitas 100 MW di Gorotanlo

Efisiensi GoTo dinilai wajar

Terkait dengan efisiensi yang dilakukan GoTo, di mana salah satunya melakukan pemangkasan 1.300 karyawan, dinilai Pandu sebagai hal yang wajar dilakukan suatu perusahaan.

Selain itu, menurutnya di tengah efisiensi yang dilakukan GoTo, kinerja keuangan perusahaan relatif baik hingga kuartal III-2022.

"Jadi menurut saya tentu setiap bisnis ada namanya business cycle, di batu bara terjadi, di power plant terjadi, tentu di bisnis GoTo yang sebagian besar teknologi pasti terjadi itu suatu hal yang lumrah," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com