Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Transformasi Digital, Dua Anak Usaha Telkom Berbagi Infrastruktur

Kompas.com - 01/12/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dayamitra Telekomunikasi, Tbk (MTEL) atau Mitratel menandatangani kontrak Perjanjian Kerja Sama Jasa Layanan Konektivitas Satelit dengan PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) untuk berbagai infrastruktur dan sumber daya yang dimiliki guna mempercepat transformasi dan pemerataan digital di seluruh wilayah Indonesia.

“Konektivitas satelit ini melengkapi portfolio layanan konektivitas serat optik yang telah dimiliki Mitratel. Konektivitas satelit akan memberikan solusi bagi operator telekomunikasi untuk memperluas jangkauan layanan di wilayah yang belum terjangkau serat optik dan terkendala kondisi geografis,” kata Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko dilansir dari Antara, Kamis (1/12/2022).

Pria yang akrab disapa Teddy itu menyampaikan Mitratel sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi menyediakan solusi layanan lengkap (tower, connectivity dan power to tower) bagi operator telekomunikasi untuk memperluas jaringan dan layanannya dalam rangka mendukung keberhasilan pemerataan jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia termasuk area rural.

Baca juga: Transformasi Digital Terus Tumbuh, Mengapa Badai PHK di Startup Tetap Terjadi?

Kerja sama tersebut dinilainya akan memperkuat posisi Mitratel untuk bertransformasi menjadi penyedia digital infrastruktur.

Melalui sistem komunikasi satelit di tower Mitratel, operator telekomunikasi hanya perlu menunjukkan lokasi yang akan menjadi target perluasannya.

“Dan Mitratel mampu memberikan total solusi berupa tower, konektivitas satelit dan power to tower,” kata Teddy.

Dalam kaitannya dengan penyediaan konektivitas tersebut Mitratel bersinergi dengan Telkomsat, anak perusahaan Telkom group yang memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam mengoperasikan, memelihara dan mengendalikan sistem komunikasi satelit di Indonesia, serta memiliki stasiun bumi yang tersebar di seluruh Ibukota Daerah Tingkat II di Indonesia.

“Kami mendukung transformasi digital di seluruh tanah air melalui pembangunan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh wilayah Indonesia. Solusi layanan dengan menggunakan satelit yang ditempatkan pada tower Mitratel dapat dimanfaatkan oleh seluruh operator seluler di Indonesia tanpa adanya kendala geografis,” jelasnya.

Baca juga: Jelang KTT G20, Pemerintah Dorong BUMN Lakukan Transformasi Digital

Kemitraan kedua perusahaan tersebut mencakup penyediaan menara dan sistem komunikasi satelit sebagai jaringan penghubung antara BTS dengan pusat kontrol operator telekomunikasi.

Selain itu juga disepakati skema pemasaran bersama, hingga pengoperasian dan pemeliharaan perangkat satelit.

Sementara itu Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf menyambut baik kerja sama kedua perusahaan. Melalui kerja sama tersebut akan memperkuat bisnis Telkom Group yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh operator telekomunikasi dalam mengembangkan layanan dan akses internet untuk masyarakat Indonesia.

“Kami menyambut positif sinergi ini. Kami yakin kolaborasi kedua perusahaan akan mendukung program pemerintah dalam mempercepat transformasi digital di seluruh Tanah Air,” ucapnya.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia Inisiasi DEWG Meeting Menuju Percepatan Transformasi Digital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+