Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Kabar gembira bagi para pencari kerja, khususnya yang berkeinginan untuk bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kementerian BUMN telah membuka lowongan kerja besar-besaran melalui Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 (Rekrutmen BUMN).

Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 ini juga bisa menjadi kesempatan untuk para pencari kerja yang belum lolos pada seleksi Batch 1.

Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 ini diumumkan langsung di akun Instagram resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN dan Kementerian BUMN.

"Memanggil putra-putri terbaik bangsa untuk berkontribusi di BUMN. Terdapat beberapa posisi yang tersebar di lebih dari 30 BUMN," tulis pernyataan resmi dalam unggahan bersama Instagram FHCI BUMN dan Kementerian BUMN dikutip pada Jumat (1/12/2022).

Pendaftaran rekrutmen bersama BUMN Batch 2 ini dibuka mulai 1-7 Desember 2022 melalui laman situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Di situs tersebut juga dijelaskan syarat dan tata cara melamar program Rekrutmen BUMN.

Baca juga: Wacana KA Argo Parahyangan Ditumbalkan Demi Kereta Cepat

Cara daftar Rekrutmen BUMN

Syarat Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia maksimal per 1 Desember 2022 untuk Diploma III 27 tahun, S1/Diploma IV 30 tahun, dan S2 35 tahun.
  • IPK minimal 2,75.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  • Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
  • Dokumen SKCK dari Kepolisian jika ada.
  • Sertifikat pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
  • Rekomendasi komunitas seperti berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, start up apabila ada.

Cara daftar Rekrutmen BUMN Batch 2

  • Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
  • Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.
  • Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.
  • Untuk memudahkan registrasi online, pelamar harus melengkapi foto profil (wajib), KTP, ijazah/Surat Keterangan Lulus, transkrip nilai, SKCK (jika ada), sertifikat pelatihan, bahasa Inggris (jika ada), surat rekomendasi yang bisa diunduh melalui laman rekrutmen bersama.

Informasi lengkap rekrutmen bersama BUMN Batch 2 atau rekrutmen BUMN.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Informasi lengkap rekrutmen bersama BUMN Batch 2 atau rekrutmen BUMN.

Dokumen yang diperlukan dalam Rekrutmen BUMN Batch 2

Bagi pelamar yang belum pernah mendaftar rekrutmen bersama BUMN 2022 Batch 1, perlu untuk melakukan pembuatan akun atau registrasi akun terlebih dahulu sebelum mendaftar lowongan.

Pelamar tersebut wajib melakukan unggah data penunjang lamaran yang dibutuhkan, dan memilih formasi sesuai ketentuan persyaratan sesuai ijazah/SKL yang dimiliki.

Adapun dokumen yang dibutuhkan dalam pendaftaran rekrutmen bersama BUMN 2022 sebagai berikut:

  • Foto profil
  • KTP
  • Ijazah/surat keterangan lulus
  • Transkrip nilai
  • SKCK
  • Dokumen lainnya (sertifikat pelatihan, Bahasa Inggris, dan lainnya)
  • Surat rekomendasi jika ada

Baca juga: Satu Galon Berapa Liter Air? Ini Cara Menghitungnya

Setiap dokumen yang terdiri lebih dari satu jenis, seperti ijazah untuk dua pendidikan, wajib disatukan dalam satu file dokumen.

Sementara itu, bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar rekrutmen bersama BUMN 2022 Batch 1, tidak perlu melakukan pembuatan akun atau registrasi akun terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Namun, pelamar wajib melakukan update atau pembaruan data apabila ada perubahan file atau dokumen yang berlaku, sebagai contoh SKL diubah menjadi ijazah atau penambahan sertifikat yang dimiliki.

Tahapan pendaftaran rekrutmen bersama BUMN Batch 2 atau rekrutmen BUMN.Tangkapan layar Tahapan pendaftaran rekrutmen bersama BUMN Batch 2 atau rekrutmen BUMN.

Sebelumnya, rekrutmen BUMN secara besar-besaran sudah pernah dilakukan di awal tahun ini. Saat itu pendaftaran dilakukan dalam beberapa tahap, mulai dari registrasi administrasi online, beberapa tes, hingga wawancara. Sebelum Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, di Batch 1, sebanyak 50 perusaaan pelat merah membuka 2.700 posisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+