Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 15:24 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, inflasi merupakan musuh bersama yang harus dikendalikan.

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Dody mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang baik akan menjadi sia-sia jika angka inflasi tak dapat dikendalikan.

"Kami melihat inflasi ini adalah musuh bersama, percuma kita tumbuh tinggi kalau inflasinya  menggerus daya beli kita," kata Dody dalam podcast Birama secara virtual, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: BI: Kondisi Ekonomi Global Masuk ke Fase Stagflasi, Lebih Buruk dari Reflasi

Dody mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga angka inflasi sekitar 4 persen bahkan di titik tengah 3,5 persen pada pertengahan tahun 2023.

"Itu udah komitmen kita agar masyarakat daya belinya terjaga," ujarnya.

Selain itu, Dody mengatakan, nilai tukar rupiah harus dijaga agar tetap stabil secara bertahap sembari mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ia mengatakan, hal ini akan tercapai dengan sinergi dengan berbagai pihak tidak hanya bersama pemerintah.

"Kerja sama dengan industri, dengan akademisi, perbankan, media, itu menjadi perlu tidak hanya dengan pemerintah," tuturnya.

Baca juga: Hadapi Tantangan Ekonomi Global 2023, Ini 5 Bauran Kebijakan BI


Lebih lanjut, Dody mengatakan, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengendalikan ekonomi di tengah gejolak ekonomi global adalah dengan kebijakan makroprudensial, kebijakan sistem pembayaran dengan pengembangan digitalisasi, pendalaman pasar uang, kebijakan ekonomi hijau dan kebijakan moneter.

"Yang jelas kebijakan kita  tetap kita lakukan dengan 2 tujuan, kita jaga stabilitas mungkin suku bunga masih akan tinggi untuk sementara waktu dari sisi likuiditas kita harus jaga dengan baik, kebijakan lain misalnya kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran digitalisasi yang lebih efisien, belum lagi kita bicara pasar uang dan lainnya," ucap dia.

Baca juga: Inflasi November Melambat, Pemerintah Sebut Berkat Pengendalian Harga Pangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com