Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[Kompasianival 2022] KOSMIK: Kendaraan Listrik Bukan Hanya Kebaruan

Kompas.com - 03/12/2022, 21:00 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

Salah satu anggota Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (KOSMIK) Hendro Sutono mengatakan kendaraan listrik saat ini bukan hanya soal kebaruan, melainkan kebutuhan.

Menurut Hendro kendaraan kebutuhan listrik tidak lagi terbendung. Secara global kendaraan listrik dibutuhkan karena dampaknya adalah lingkungan.

"Ke depan kendaraan listrik bukan kebaruan lagi, tapi kebutuhan," kata Hendro saat menjadi narasumber di Kompasianival 2022 di Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (03/12/2022).

Hanya saja, menurut dia, kebutuhan kendaraan listrik di Indonesia saat ini belum menyeluruh.

"Kalau kita bicara kendaraan listrik ini harus secara holistik, tidak hanyak kendaraan listrik yang berplat. Jadi kendaraan listrik yang bersifat personal transportation juga jangan sampai terlewatkan oleh pemerintah," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Pebalap Road Race Indonesia sekaligus aktris Inka Putri mengungkapkan kendaraan listrik di Indonesia saat ini masih perlu disempurnakan.

"Pengalaman saya kendaraan listrik itu simpel dan lebih mudah dipakai. Kelebihannya juga dia ramah lingkungan. Hanya saja masih perlu disempurnakan," katanya.

Adapun Kompasianival 2022 merupakan ajang kopi darat terbesar di Indonesia bagi para kreator konten dan komunitas yang diselenggarakan oleh Kompasiana.

Tahun ini Kompasianival mengusung tema "Kelana Masa Depan".

COO Kompasiana Nurulloh mengatakan dengan mengusung tema "Kelana Masa Depan" Kompasianival tahun ini bertujuan untuk mengajak para content creator di Indonesia dan para Kompasianer untuk terus bergerak maju menyongsong masa mendatang.

"Meskipun masih dalam situasi pandemi, kami ingin kita terus bergerak maju menyongsong masa mendatang dan terus mempersiapkan segala hal baik dalam menghadapi tantangan atau mengoptimalkan peluang di berbagai sektor," kata Nurulloh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com