Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bayar dan Cek Tagihan PDAM lewat Tokopedia

Kompas.com - 04/12/2022, 10:22 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Cara bayar PDAM online salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia. Mau bayar PDAM di Tokopedia?

Informasi seputar cara bayar PDAM lewat Tokopedia penting diketahui bagi Anda yang belum pernah melakukan transaksi pembayaran tagihan PDAM via aplikasi ini.

Sebelum itu, Anda juga perlu memerhatikan cara cek tagihan PDAM lewat HP. Anda bisa memanfaatkan fitur cek tagihan PDAM Tokopedia untuk mengetahui jumlah yang harus dibayar.

Baca juga: Cara Bayar PDAM lewat M-Banking dan ATM Mandiri

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, dirangkum dari laman resmi www.tokopedia.com pada Minggu (4/12/2022).

Syarat bayar PDAM di Tokopedia

Berikut syarat dan ketentuan pembayaran tagihan air PDAM di Tokopedia:

  • Pastikan sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone.
  • Pengguna akan dikenakan biaya administrasi oleh PDAM. Jumlah biaya administrasi tersebut akan diberikan sesuai dengan kebijakan masing-masing PDAM Wilayah.
  • Biaya administrasi dikenakan per tagihan bulanan. Jadi, jika Anda melakukan pembayaran 2 bulan tagihan air PDAM dalam satu transaksi, Anda akan dikenakan 2x biaya administrasi.
  • Dalam 1 transaksi, jumlah total tagihan yang ditampilkan adalah seluruh komponen biaya yang meliputi akumulasi seluruh tagihan bulanan yang belum terbayarkan, denda (bila ada), dan biaya administrasi.
  • Pembayaran tagihan air PDAM yang dilakukan setelah tanggal jatuh tempo setiap bulannya akan dikenakan denda. Penetapan tanggal jatuh tempo pada masing-masing PDAM berbeda dan bergantung pada kebijakan masing-masing PDAM Wilayah.
  • Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran tagihan air PDAM yang dikarenakan kesalahan input nomor pelanggan atau nomor meteran oleh pengguna.
  • Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak memberikan data tersebut ke pihak manapun.
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
  • Pembayaran tagihan air PDAM sebaiknya dilakukan antara pukul 07.00 – 19.00 WIB. Khusus untuk PDAM Probolinggo dan Purworejo, pembayaran hanya dapat dilakukan pada hari Senin-Sabtu pukul 07.00-14.00 WIB.
  • Proses verifikasi pembayaran tagihan air PDAM bisa membutuhkan waktu hingga 1×24 jam hari kerja.
  • Informasi lebih lanjut seputar pembayaran dan hal yang berkaitan dengan tagihan air PDAM dapat ditanyakan langsung pada masing-masing PDAM Wilayah.

Baca juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM di Shopee, Bisa Online atau Offline

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com