Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, PUPR Pastikan Lintas Jawa Pantai Utara ke Selatan Bisa Dilalui

Kompas.com - 04/12/2022, 18:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan nasional di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menghadapi arus kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Akhmad Cahyadi mengatakan, tiga lintas utama di Pulau Jawa disiapkan untuk menghadapi arus libur Nataru 2022-2023.

Tiga lintas utama tersebut yaitu lintas Pantai Utara (Pantura) sepanjang 1.430 kilometer, lalu jalan Tol Trans Jawa sepanjang 1.403 kilometer dan Lintas Pantai Selatan (Pansela) yang telah terbangun dari Banten – Jawa Barat – Jateng - DIY dan Jawa Timur dengan panjang 1.167 kilometer.

Baca juga: Libur Nataru, Jalan Tol Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura Siap Difungsikan

"Ketiga lintas itu kita siapkan sebaik mungkin untuk menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru ini," kata Cahyadi dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (4/12/2022).

Cahyadi mengatakan, pihaknya tidak hanya menyiapkan tiga lintas utama di Jawa, tetapi juga jalan akses penghubung ketiga lintas utama tersebut.

"Misalnya, dari Pantura ke Selatan itu ada dari Pejagan, Perupuk, Purwokerto. Kemudian yang di Timur ada dari Rembang, Blora, Cepu, Ngawi," ujarnya.

Lebih lanjut, Cahyadi mengatakan, rata-rata kesiapan jalan nasional saat ini sudah mencapai 92 persen.

Menurut dia, beberapa ruas jalan di lintas Selatan masih dalam pekerjaan.

"Masih ada beberapa ruas yang belum mantap di lintas selatan seperti Jladri, kemudian di Purwekerto ada beberapa kilometer yang masih perlu kita tingkatkan," ucap dia.

Baca juga: Erick Thohir Instruksikan BUMN Pangan untuk Jaga Stok dan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com