Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Kuasai 65 Persen Saham Danareksa Investment Management

Kompas.com - 05/12/2022, 11:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan pembelian saham milik PT Danareksa Investment Management (DIM) sebanyak 9 juta lembar atau setara 30 persen total sama DIM.

Pembelian saham tersebut ditandai dengan penandatanganan Akta Jual Beli Saham. Dengan itu, BRI menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 65 persen.

Direktur Utama DIM Marsangap P. Tamba menyambut baik arahan dari BRI, yang menyatakan DIM siap untuk mendukung visi BRI dengan fokus ke segmen ritel melalui sinergi.

"DIM senantiasa akan mendukung visi dari Bank BRI untuk menjadi The Most Valuable Bank di Asia Tenggara dan menjadi Champion of Financial Inclusion sehingga BRI dapat menjadi perusahaan jasa keuangan yang terintegrasi dan menjadi one stop financial solution provider dalam melayani kebutuhan finansial seluruh rakyat Indonesia," ujarnya dikutip melalui pernyataan tertulis, Senin (5/12/2022).

Baca juga: 5 Cara Cek Mutasi BRI, Mulai dari ATM Hingga Aplikasi BRImo

Marsangap menambahkan bahwa sinergi dengan BRI dengan Danareksa Group akan menjadi kunci penting bagi DIM, khususnya di saat persaingan yang semakin ketat dalam industri manajer investasi.

Untuk terus bertumbuh menjadi manajer investasi bertaraf global dengan fokus pengembangan utama di segmen ritel, melalui upaya sinergi dan peningkatan kinerja baik di area bisnis maupun operasional.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama BRI Sunarso menuturkan, BRI berencana menjadi perusahaan jasa keuangan terintegrasi dengan salah satu upayanya adalah optimalisasi jasa manajemen investasi pada ekosistem BRI melalui DIM.

Baca juga: 8 Cara Cek Nomor Rekening BRI dengan Mudah


Dalam periode 2016-2021, CAGR Reksa Dana Indeks tumbuh di atas 60 persen. Sedangkan untuk tahun 2022, PT DMI mampu membukukan pertumbuhan dana kelolaan sebesar 18.2 persen sampai dengan Juni 2022.

Hingga Juli 2022, pada saat peluncuran produk Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened Kelas B, DIM telah menghimpun dana kelolaan sebesar Rp 150 miliar.

Baca juga: Bank Raya Right Issue Rp 1,16 Triliun, BRI Siap Serap

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+