Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Nataru, Tiket KAI dari Jakarta Baru Terjual 127.092

Kompas.com - 05/12/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, hingga Senin (5/12/2022) pemesanan tiket kereta api untuk periode libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023, baru terjual sebanyak 127.092 dari total tiket yang tersedia sebanyak 745.622 tiket.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah penjualan tiket kereta api periode Nataru tersebut akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," kata Eva dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Mendag: Harga Barang Kebutuhan Pokok Stabil

Eva mengatakan, masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket kereta api dapat mengecek melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS.

Ia mengatakan, KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.

"Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI," ujarnya.

Baca juga: Libur Nataru, PUPR Pastikan Lintas Jawa Pantai Utara ke Selatan Bisa Dilalui

Eva mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, penjualan tertinggi tiket kereta api terdapat pada 23 Desember 2022 yaitu sebanyak 20.557 tiket telah dipesan.

Ia juga mengatakan, terdapat sejumlah kota tujuan favorit penumpang seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun.

"Sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung. Pada libur Nataru ini, KAI menerapkan masa angkutan selama 18 hari mulai dari tanggal 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023," tuturnya.

Lebih lanjut, Eva mengingatkan para calon penumpang agar memerhatikan kembali ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai dengan aturan pemerintah, sebelum membeli tiket kereta api.

"Hal ini agar terhindar dari resiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap," ucap dia.

Baca juga: Libur Nataru, Jalan Tol Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura Siap Difungsikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+