Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos ITDC: Sektor Digital Akan Jadi Stimulus Baru untuk Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kompas.com - 05/12/2022, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Pariwsata The Nusa Dua kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan event berskala internasional. Kali ini The Nusa Dua menjadi tuan rumah Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship yang diselenggarakan di Hotel Merusaka Nusa Dua, 2-11 Desember 2022 yang diikuti kurang lebih 500 atlet dan ratusan delegasi dari 105 negara.

Kawasan The Nusa Dua dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang merupakan BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, melalui Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship, pihaknya menunjukkan kembali kesiapan dan kemampuan kawasan yang dikelola menjadi tuan rumah penyelenggaraan event internasional.

Baca juga: BI Jelaskan Perbedaan Rupiah Digital dengan Uang Tunai dan Kripto

"Melalui peran sebagai tuan rumah ini, kami juga menunjukkan dukungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor digital di Indonesia dan meyakini bahwa sektor digital akan menjadi stimulus baru yang akan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Ari dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/12/2022).

The Nusa Dua sendiri telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai event internasional sepanjang 2022. Misalnya, rangkaian konferensi internasional pra-KTT G20, Bali International Fashion Week, Vespa World Days, kegiatan side events KTT G20, Road To Now Playing Festival, serta Archipelagic and Island States (AIS) Forum dan Bali Democracy Forum pada Desember ini.

"Rangkaian event tersebut menunjukkan kemampuan kawasan The Nusa Dua menjamu beragam event internasional, tidak terbatas pada event MICE, tapi juga event musik, fashion, sport, dan jenis event lainnya. Hal ini didukung oleh kelengkapan infrastruktur dan fasilitas kawasan, serta SOP yang telah terbukti siap dan sukses dalam menggelar berbagai jenis event berskala besar baik nasional maupun internasional,” kata Ari.

Baca juga: Jokowi Ungkap Ekonomi Digital Kunci Masa Depan Ekonomi Dunia

Saat ini The Nusa Dua memiliki 19 hotel atau setara dengan 4.800 kamar yang beroperasi di masa pandemi serta fasilitas Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) yang mampu menampung lebih dari 20.000 delegasi.

Menurut Ari, penyelenggaraan berbagai event skala nasional dan internasional di Indonesia pada 2022 ini menjadi salah satu indikator kebangkitan pariwisata nasional pasca pandemi Covid-19. 

Dia mengatakan, ITDC siap merespon kepercayaan berbagai pihak untuk bermitra dan bekerjasama dalam menyelenggarakan berbagai event nasional dan internasional di Indonesia.

"Kami siap berkolaborasi untuk mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo mengatakan, melalui Indonesia Esports Summit pihaknya akan menyuguhkan pertandingan esports kelas dunia lewat IESF 14th World Esports Championships 2022. Misalnya, sajian entertainment kontemporer dan tradisional, ekshibisi industri kreatif dan teknologi terdepan, hingga beragam diskusi menarik yang akan mengangkat isu-isu hangat di dunia esports dan ekositemnya.

"PB ESI juga ingin menegaskan kembali ke masyarakat luas, terutama kalangan pelaku ekonomi kreatif, tentang besarnya potensi esports dalam memulihkan dan membangkitkan kembali industri kreatif dan pariwisata yang sempat terkendala akibat pandemi," kata Bambang.

Baca juga: Menteri BUMN Sebut Ekonomi Digital Jadi Sektor Unggulan Prioritas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+