Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah IHSG Bangkit? Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 06/12/2022, 06:39 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 32,31 poin atau 0,46 persen ke posisi 6.987,33 pada perdagangan Senin (5/12/2022) kemarin. Koreksi ini utamanya disebabkan oleh sektor teknologi yang ambles 4,07 persen.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memproyeksi, pelemahan tersebut berlanjut pada perdagangan Selasa (6/12/2022). Proyeksi tersebut Ia buat secara teknikal, di mana IHSG membentuk candle shooting star pada hari Senin dan masih ditutup di bawah garis SMA-20 selama tiga hari terakhir berturut-turut.

"IHSG kemungkinan besar akan melanjutkan fase koreksinya menuju Fibonacci retracement 50 persen dari wave i berdasarkan skenario biru atau bahkan 6.892 sebagai target koreksi ideal dari wave ii," tutur dia, dalam risetnya, Senin.

Baca juga: IHSG Kembali Terkoreksi, BMRI Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Lebih lanjut Ia bilang, level support IHSG berada di 6.955, 6.937, dan 6.892. Sementara itu, level resistennya berada di 7.100, 7.128-7.137 dan 7.200.

"Berdasarkan indikator MACD mengindikasikan momentum bearish," katanya.

Untuk perdagangan hari ini saham yang dinilai menarik oleh Ivan ialah BBNI (trading buy), BMRI (trading buy), BRPT (speculative buy), INCO (buy on weakness), serta ITMG (accumulative buy).

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyebutkan, gelombang tekanan dalam pola gerak IHSG terlihat masih cukup besar. Ini disertai oleh masih tercatatnya gelombang capital outflow yang terjadi selama sepekan lalu.

Sedangkan pola gerak IHSG terlihat belum beranjak dari rentang konsolidasi wajarnya. Menurutnya, momentum ini dapat dimanfaafkan untuk melakukan akumulasi beli.

"Mengingat dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam jalur uptrend makan momentum tekanan masih dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian saham-saham yang memiliki fundamental kuat dan likuiditas tinggi," tuturnya.

William menyebutkan, pada hari ini IHSG berpotensi terkonsolidasi, dengan pergerakan pada rentang 6.954-7.172. Adapun saham rekomendasi William hari ini ialah, SMGR, BMRI, ICBP, SMRA, AALI, BBNI, dan JSMR.

Baca juga: Rekomendasi Saham BBTN Jelang Rights Issue dari Kiwoom Sekuritas

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com