Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentang Bontang, Kolaborasi PKT - Seniman Munculkan Wajah Industri Humanis

Kompas.com - 07/12/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berkolaborasi dengan para seniman yang dikomandoi Butet Kartaredjasa menggelar pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industridi di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta. Pameran ini berlangsung pada 2 Desember hingga 10 Desember 2022. 

Dalam pidato pembukaannya, Butet Kartaredjasa mengatakan, pameran seni ini memang keren karena berhasil menyatukan "dua dunia" yang selama ini disalahpahami. Di depan hadirin Butet berkelakar, "Pameran ini memang asu tenan...", sebuah ungkapan berkonotiasi positif khas Butet, merujuk pada apresiasi tertinggi kepada kedua belah pihak yang dinilainya telah berhasil berkolaborasi.  

Butet merasa telah berhasil "membujuk" industri, dalam hal ini pihak PKT, untuk semata-mata meyakinkan bahwa seni bisa memiliki kekuatan untuk bersahabat dengan industri. Bisa memanusiakan industri.

Karya instalasi menggunakan jaring ikan berjudul Lambung Kiri dan Lambung Kanan karya Iwan Yusuf, menjadi salah satu karya dalam pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, 2-10 Desember 2022.KOMPAS.com/AMIR SODIKIN Karya instalasi menggunakan jaring ikan berjudul Lambung Kiri dan Lambung Kanan karya Iwan Yusuf, menjadi salah satu karya dalam pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, 2-10 Desember 2022.

"Kenapa ide ini muncul? Untuk menjawab satu persespi yang selama ini sering disalahpahami dan keliru. Orang hanya memandang industri itu hanya sebatas 'binatang ekonomi'. Bawaannya itu keserakahan melulu," kata Butet.

Baca juga: Bantu Kurangi Impor, Pabrik Baru PKT Ditargetkan Bisa Produksi 75.000 Ton Amonium Nitrat per Tahun

Sementara di sisi lainnya, seni selalu dipersepsikan secara keliru pula sebagai orang-orang baik, yang dianggap benar melulu.

"Yang hatinya halus, yang sangat humanis. Tidak semua seperti itu ternyata. Kita saling belajar. Kita saling menongok, berziarah di dua kutub yang sering disalahpahami itu," kata Butet

Pihak PKT merasa, perlu terlibat dalam gelaran seni ini karena memandang setiap wilayah di Indonesia tidak akan pernah lepas dari nilai sejarah dan keberagaman budaya daerah, termasuk keindahan seni dan budaya.

Salah satu karya Hari Budiono berjudul Ruang Bontang #1 di pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, 2-10 Desember 2022.KOMPAS.com/AMIR SODIKIN Salah satu karya Hari Budiono berjudul Ruang Bontang #1 di pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, 2-10 Desember 2022.

Melestarikan seni kebudayaan ini menjadi inspirasi bagi PKT untuk memberi sebuah ruang bagi para seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia untuk dapat menuangkan sisi kreativitasnya ke dalam sebuah mahakarya terutama pada nilai seni dan kebudayaan wilayah Bontang, Kaltim, yang menjadi tempat PKT beroperasi sejak tahun 1977.

Baca juga: Optimalisasi Sistem dan Teknologi Jadi Kunci Kesuksesan Digitalisasi Distribusi Pupuk PKT

Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi mengatakan, selama ini industri dikenal dengan pabrik, mesin, dan senyawa kimia. Kini PKT ingin memperlihatkan sisi yang berbeda dari sebuah industri yang dapat dirasakan oleh masyarakat melalui sentuhan karya seni yang dihadirkan pada Pameran Bentang Bontang.

Salah satu karya Butet Kertaredjasa berjudul Dilema Dewi Sri di pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, 2-10 Desember 2022.KOMPAS.com/AMIR SODIKIN Salah satu karya Butet Kertaredjasa berjudul Dilema Dewi Sri di pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, 2-10 Desember 2022.

"Sejatinya kami terus memberdayakan dan melestarikan kebudayaan Bontang agar ke depannya tidak hanya sebagai nilai budaya tapi juga dapat menjadi daya tarik pariwisata Kota Bontang,” kata Rahmad. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+