Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kedelai Masih Mahal, Zulhas Minta Bulog Impor 350.000 Ton dari AS

Kompas.com - 08/12/2022, 12:48 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pihaknya telah meminta Perum Bulog untuk mengimpor kedelai sebanyak 350.000 ton dari AS.

Kedelai impor ini, dijelaskan dia, akan dibeli dengan harga Rp 11.000-Rp 12.000 per kilogram dan akan dijual dengan harga Rp 10.000-Rp 11.000 per kilogram ke konsumen.

Menurut Zulhas, siasat ini untuk mengurangi dampaknya harga kedelai yang mahal.

"Kedelai memang naik tapi sebentar lagi turun, kita sudah perintahkan Bulog untuk impor dari AS 350.000 ton. Nah pemerintah akan memberikan subsidi Rp 1.000 per kilogram untuk menutup selisih harga. Belinya Rp 12.000 nanti dijual Rp 11.000 dikurangi Rp 1.000. Kalau beli Rp 11.000 yah jualnya Rp 10.000," ujarnya saat meninjau kebutuhan pokok di ritel Hypermart Puri Indah Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Stok Kedelai Langka, Harga Tahu Tempe Melejit

Zulhas juga mengatakan, naiknya harga kedelai seiring dengan tren komoditas pangan dunia yang meningkat.

Sementara itu Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menilai harga kedelai akan turun jika negara penghasil kedelai berkualitas masuk ke musim panen. Hal ini pun membuat stok aman sehingga jika ada permintaan stok lagi tidak terlalu sulit mendapatkannya.

"Ini kan sebentar lagi panen nih di luar (negeri). Ketika di luar akan panen harga akan berangsur turun jadi semua importir nunggu harga turun sehingga stok dia aman," imbuh Arief.

Walau demikian, Arief menambahkan, pihaknya tetap akan duduk bersama dan saling berkoordinasi baik dari pemerintah hingga asosiasi perajin tempe tahu untuk mencari jalan keluar apa yang cocok ketika harga kedelai tetap tinggi.

"Iya termasuk membahas subsidi apakah dilanjut apa tidak. Kita akan duduk bersama. Pak Mendag (Zulhas) juga bilang akan duduk bersama," pungkas dia.

Mengutip dari info panel harga Badan Pangan Nasional, harga kedelai biji kering (impor) per tanggal 1 Desember 2022 dibanderol Rp 14.480 per kilogram.

Keesokan harinya harga kedelai naik menjadi Rp 14.530 per kilogram. Hingga per 8 Desember 2022 dibanderol menjadi Rp 14.850 per kilogram.

Baca juga: Komisi IV DPR Endus Dugaan Kartel Impor Kedelai di Bulog

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com