Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Kinerja Positif, Pupuk Kaltim Siap Tembus Pasar Global

Kompas.com - 08/12/2022, 18:53 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) sebagai salah satu produsen urea dan NPK tengah bersiap untuk menembus pasar global. Namun, PKT memastikan ketersediaan produksi dan distribusi untuk di tanah air memasuki musim tanam tahun depan.

Untuk mempersiapkan musim tanam, pertama 2023 (Maret-April 2023), PKT menyediakan sebanyak 108.917 ton stok pupuk urea bersubsidi dan 6.725 ton NPK formula khusus, serta 158.702 ton pupuk urea non subsidi dan 38.073 NPK non subsidi telah tersedia di gudang-gudang PKT yang tersebar di seluruh wilayah.

“Berbagai usaha dan komitmen PKT untuk menjaga ketahanan pangan nasional sekaligus membuka peluang untuk menembus pasar global,” kata Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi dalam siaran pers, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Bakal Melantai di BEI Tahun Depan, Pupuk Kaltim Targetkan Peningkatan Kapasitas Produksi

Rahmad mengatakan, PKT berhasil membukukan kinerja keuangan yang impresif dengan mencetak laba Rp 12,94 triliun sampai akhir September 2022. Sepanjang 1 Januari-31 Oktober 2022, PKT telah memproduksi pupuk urea 92 persen dari target sepanjang tahun sebesar 3,42 juta ton, NPK mencapai 102 persen dari target 250.000 ton, ammonia sebesar 101 persen dari target 2,79 juta ton.

“Alhamdulillah. Pencapaian ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah. Tentunya berkat semangat, kinerja yang prima, dan kesiapan seluruh tim di PKT pada dinamika pasar,” ungkap Rahmad.

Rahmad mengatakan, untuk mendorong kinerja di tahun depan, berbagai inovasi baru akan terus dilakukan, dimana akan ada rencana pembangunan beberapa pabrik dan industri baru, termasuk dimulainya produksi Amonium Nitrat secara komersial sebagai upaya hilirisasi Amonia.

“Dalam roadmap pertumbuhan kedua perusahaan, selanjutnya PKT juga akan membangun pabrik-pabrik untuk produk-produk bernilai tambah lainnya, dimulai dari Soda Ash dan Methanol,” ungkap Rahmad.

Baca juga: Pupuk Kaltim Siap IPO di 2023

Rahmad bilang, program keberlanjutan akan menjadi fokus PKT dalam menciptakan pertumbuhan perusahaan dalam 40 tahun kedepan. Demi mewujudkan target pemerintah mencapai Net Zero Emission di 2060, PKT siap memimpin transformasi hijau industri petrokimia Tanah Air dengan menyiapkan roadmap untuk dekarbonisasi.

“Dalam satu dekade pertama, PKT menargetkan mengurangi hingga sepertiga emisi karbon di 2030. PKT siap menciptakan masa depan baru demi pembangunan ekonomi yang lebih kuat dan mandiri kedepannya,” tegas Rahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+