Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reformasi Birokrasi Tematik Diyakini Genjot Investasi

Kompas.com - 08/12/2022, 19:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyakini reformasi birokrasi tematik bisa menggenjot investasi tahun depan.

Oleh karena itu, ia optimis Indonesia akan berdiri tangguh menghadapi ancaman resesi global 2023, dengan gotong-royong lintas sektor, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Berdasarkan hasil survei Bloomberg kata Anas, potensi resesi Indonesia hanya sekitar 3 persen. Sementara Australia dan China punya potensi sekitar 20 persen. Menurutnya, kunci ketangguhan Indonesia adalah berkat orkestrasi kuat arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Menpan-RB: Reformasi Birokrasi Bukan Tumpukan Kertas

"Orkestrasi dari Pak Presiden ini sangat oke, misalnya yang urus inflasi itu bukan hanya menteri-menteri bidang ekonomi, tapi melibatkan menteri lain seperti misalnya Menteri Dalam Negeri dan Menteri PANRB," katanya saat menjadi pembicara dalam The 17th Annual MarkPlus Conference 2023 di Jakarta, Kamis (8/11/2022).

"Kalau kita lihat, proyeksinya ini berbagai negara berat karena kondisi ekonomi dunia tidak menentu tetapi ada optimismenya karena negara kita berhasil menangani pandemi dengan baik," sambung Anas.

Kemenpan-RB mengklaim turut ambil andil dalam menjaga ketahanan ekonomi lewat terobosan reformasi birokrasi tematik. Ada empat fokus yang didorong terhadap reformasi birokrasi tematik, salah satunya adalah peningkatan investasi.

Melalui reformasi birokrasi tematik peningkatan investasi, peningkatan investasi diterapkan untuk meningkatkan competitiveness index sehingga diharapkan dapat melipatgandakan investasi.

Baca juga: Menpan-RB: Ada KKN dalam Rekrutmen Tenaga Honorer


Mulai awal 2023, indeks reformasi birokrasi di tiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah juga dinilai dengan memasukkan indikator peningkatan investasi.

Pada kesempatan yang sama Founder dan Chairman M Corp Hermawan Kartajaya mengungkapkan kesiapan industri dan para marketers menyambut 2023. Dia bilang, Indonesia punya peluang menggenjot konsumsi produk dalam negeri lewat momen Presidensi G20, Keketuaan ASEAN 2023, serta pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024.

"Intinya kita sambut 2023 ini dengan optimisme tapi jangan ngawur. 2023 kita bisa manfaatkan keketuan ASEAN untuk mendorong ekonomi Indonesia, juga lewat Pemilu 2024 yang bisa jadi peluang untuk meningkatkan konsumsi produk-produk dalam negeri," ungkapnya.

Baca juga: Menpan-RB Siapkan Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com