Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
AGROINDUSTRI

Catatkan Rekor Baru pada Usia Ke-45, Pupuk Kaltim Siap Gempur Pasar Global

Kompas.com - 08/12/2022, 19:25 WIB

KOMPAS.com – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) optimistis dapat menjadi perusahaan petrokimia terbaik di kawasan Asia-Pasifik. Optimisme ini didasari kinerja perusahaan selama 45 tahun dalam menopang produktivitas pertanian dan ketahanan pangan nasional.

Pada momen perayaan hari jadi ke-45 yang bertema “Stronger Together for Our Future”, Rabu (7/12/2022), Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, perusahaan berhasil mencatatkan kinerja apik, baik dari segi produktivitas maupun keuangan.

Sebagai contoh, untuk periode musim tanam pertama 2023 (Maret-April), Pupuk Kaltim memastikan bahwa produksi dan distribusi pupuk sudah aman sejak November 2022.

Berdasarkan data Pupuk Kaltim per Sabtu (26/11/2022), perusahaan sudah memiliki stok 108.917 ton pupuk urea bersubsidi dan 6.725 ton NPK formula khusus. Untuk pupuk nonsubsidi, perusahaan sudah memiliki 158.702 ton pupuk urea dan 38.073 NPK. Semua stok pupuk tersebut tersedia di gudang-gudang Pupuk Kaltim yang tersebar di berbagai wilayah.

Pupuk Kaltim juga telah memproduksi pupuk urea sebanyak 92 persen dari target 2022 yang sebesar 3,42 juta ton sepanjang 1 Januari-31 Oktober 2022.

Sementara, produksi pupuk NPK dan amonia masing-masing sudah melampaui target, yakni 102 persen dari target 250.000 ton serta 101 persen dari target 2,79 juta ton.

Terkait kinerja keuangan, Rahmad menjelaskan, perusahaan berhasil mencetak laba Rp 12,94 triliun sampai akhir September 2022.

Baca juga: Jamin Ketersediaan Pupuk untuk Petani, Pupuk Kaltim Tingkatkan Kapasitas dan Infrastruktur

Capaian tertinggi Pupuk Kaltim sepanjang sejarah tersebut, kata dia, tidak bisa dilepaskan dari peran, semangat, kinerja prima, serta kesiapan seluruh tim Pupuk Kaltim pada dinamika pasar.

“Kami mengapresiasi seluruh insan karyawan yang siap dan sigap dalam mengambil kesempatan serta memanfaatkannya dengan baik sehingga perusahaan bisa mencetak prestasi yang bersejarah sepanjang 45 tahun berdiri,” ujar Rahmad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (8/12/2022).

Karyawan Pupuk Kaltim (Dok. PKT)PKT Karyawan Pupuk Kaltim (Dok. PKT)

Sebagai bentuk rasa syukur, imbuh Rahmad, Pupuk Kaltim menyelenggarakan berbagai kegiatan pada perayaan ulang tahun ke-45 perusahaan. Dua di antaranya adalah melanjutkan program Community Forest Penanaman Mangrove di wilayah pesisir Maratua, Kalimantan Timur (Kaltim) serta program Konservasi dan Perlindungan Keanekaragaman Hayati dengan penurunan dan transplantasi terumbu karang di Divesite PKT 45.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+