Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mind ID Andalkan Reforestasi buat Tekan Emisi Karbon

Kompas.com - 10/12/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk Holding BUMN Tambang, Mind ID memiliki sejumlah strategi untuk mendukung tercapainya net zero emission (NZE) atau nol emisi karbon pada 2060 yang ditargetkan pemerintah. Strategi itu setidaknya untuk mengejar target jangka pendek pengurangan emisi karbon hingga 20 persen pada 2030.

Direktur Hubungan Kelembagaan Mind ID Dany Amrul Ichdan mengatakan, salah satu strategi penurunan emisi karbon yang kini diandalkan perseroan yakni penghutanan kembali (reforestasi) kawasan bekas tambang. Hingga 2021, Mind ID sudah merealisasikan program reforestasi seluas 17.267 hektar.

Menurutnya, target mengurangi emisi karbon tidak akan terlepas dari reforestasi. Lantaran reforestasi memiliki kontribusi yang signifikan untuk menuju nol emisi karbon.

“Reforestasi ini adalah instrumen terbanyak dan terbaik untuk menyerap karbon, sehingga kontribusinya sangat besar untuk menurunkan emisi karbon.  Dari 17.267 hektar lahan yang kami reforestasi, kami perkirakan sudah bisa menyerap 195.000 nilai karbon,” ujar Dany dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: MIND ID Luncurkan Buku Membangun Peradaban

Langkah reforestasi tersebut turut dibarengi dengan peningkatan penggunaan gas bumi sebesar 40 persen-50 persen dari 2021 hingga 2030. Selain itu, juga fokus pada pemanfaatan pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan atau ramah lingkungan.

Bersamaan dengan itu, Mind ID melalui Indonesia Battery Corporation (IBC), juga tengah masuk dalam ekosistem pengembangan kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Perusahaan pelat merah itu akan membuat baterai untuk kendaraan listrik.

Dengan demikian, IBC bisa memaksimalkan hilirisasi pemanfaatan aluminium dan nikel di Indonesia. Selain itu, turut mendukung terciptanya ekosistem kendaraan yang lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

Baca juga: Apa Kabar MIND ID Setelah 2 Tahun Kuasai Saham Freeport?

Roadmapnya, pada 2021-2023 IBC fokus pada pengembangan prototype baterai untuk motor listrik. Kemudian pada 2027, ekspansi kapasitas produksi baterai EV, hingga pada 2030 IBC sudah harus menguasai teknologi baterai.

Menurut Dany, langkah-langkah Mind ID itu sejalan dengan kebijakan program dekarbonisasi yang diarahkan Menteri BUMN Erick Thohir guna mencapai target nol emisi karbon di 2020.

Target itu terus dikejar dengan tiga program simultan yaitu renewable development melalui Energy Transition Mechanism (ETM), pengembangan EV ecosystem, dan green industrial cluster.

"Langkah ini sejalan dengan kebijakan yang telah digariskan Menteri BUMN Erick untuk mendukung upaya dekarbonisasi menuju Indonesia net zero emission tahun 2060," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+