Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bitcoin Halving Day" Diproyeksi Bakal Pengaruhi Pasar Kripto ke Depan, Apa Itu?

Kompas.com - 10/12/2022, 15:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto tengah berada dalam tren penurunan selama beberapa bulan terakhir. Meskipun demikian, pasar kripto dinilai berpotensi dengan adanya sentimen Bitcoin Halving Day.

CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan, merupakan peristiwa empat tahun sekali, di mana hadiah para penambang Bitcoin akan dibagi dua setiap 210.000 blok yang terjadi sampai mencapai batas maksimum kapasitas bitcoin, yaitu 21 juta.

Menurutnya, fenomena itu akan menjadi sentimen positif tersendiri bagi pasar kripto. Harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu berpotensi meningkat, seiring dengan semakin sulitnya penambangan ke depannya.

Baca juga: Apa Beda Rupiah Digital dengan Uang Tunai dan Uang Kripto?

"Saat ini, sudah ada sekitar 91 persen Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia dengan total sekitar 19 juta keping. Adanya halving untuk mengurangi kecepatan penambahan bitcoin baru dan agar BTC yang beredar tetap terjaga sehingga terhindar dari inflasi," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

"Semakin sulit Bitcoin didapatkan, maka semakin mahal juga harga bitcoin nantinya," tambahnya.

Baca juga: Modus Pig Butchering Sampai ke Indonesia, Satgas Waspada Investasi: Hati-hati Chat Medsos Ajak Investasi Kripto

 


Selain memengaruhi harga, Oscar bilang, Bitcoin Halving Day juga akan menambah jumlah penambang. Ini mengingat semakin sedikitnya jumlah Bitcoin yang bisa ditambang.

"Karena hadiah para penambang Bitcoin dibagi dua, maka di 2024 nanti saat Bitcoin Halving Day, hadiah untuk para miners akan dikurangi menjadi 3,125 BTC," kata Oscar.

Lebih lanjut Oscar mengungkapkan pasokan Bitcoin berpotensi habis pada 2040. Setelah Bitcoin habis dan tidak ada Bitcoin Halving Day, maka besar kemungkinan permintaan untuk bitcoin akan meningkat.

"Jadi, bagi para trader aset kripto yang hendak mengumpulkan portofolio bitcoin, mungkin bisa memulai untuk mencicil membeli di harga saat ini ketika pasar sedang bearish. Jangan lupa juga untuk terus mempelajari istilah istilah dalam perdagangan kripto agar ilmu kita mengenai investasi kripto semakin bertambah," ucap Oscar.

Baca juga: Kenali Kripto sebelum Memutuskan untuk Berinvestasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com