Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 30 Perusahaan di Indonesia Pembawa Perubahan karena Terapkan ESG Versi Fortune

Kompas.com - 10/12/2022, 17:30 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik atau biasa disebut ESG, tengah menjadi fokus berbagai perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menciptakan perubahan terhadap internal dan eksternal bisnis melalui pendekatan tersebut.

Untuk memberikan pengakuan terhadap perusahaan-perusahaan beroperasi di Indonesia yang telah melakukan perubahan, Fortune Indonesia merilis Fortune Indonesia Change the World. Ini adalah daftar dari perusahaan dengan program yang membawa tujuan positif, mampu memberikan dampak serta membuka kesempatan baru bagi masyarakat, karyawan, lingkungan, dan juga kinerja atau reputasi mereka.

Dalam keterangannya Fortune Indonesia menyadari, di balik program sosial yang dibuat perusahaan terdapat berbagai kepentingan. Mulai dari menambah pelanggan, memperbaiki reputasi, hingga menciptakan laporan ESG yang baik.

“Tapi semua itu masih lebih bermanfaat ketimbang perusahaan tidak berbuat apa-apa bagi masyarakat atau bumi, tempat mereka berbisnis,” kata Editor-in-Chief Fortune Indonesia, Hendra Soeprajitno, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: 20 BUMN Masuk Fortune Indonesia 100, Erick Thohir: Kami Tidak Berpuas Diri dan Tetap Waspada

Terdapat empat kriteria bagi perusahaan untuk masuk dalam daftar Fortune Indonesia Change the World. Mulai dampak sosial, yaknibdari sisi jangkauan, sifat, dan dampak yang dihasilkan perusahaan pada satu atau lebih masalah sosial tertentu.

Kemudian, manfaat hasil bisnis yang dirasakan bagi perusahaan dan pemangku kepentingan akibat inovasi. Kemudian, dampak terhadap pihak lain, industri, dan bisa menjadi contoh serta diikuti. Terakhir, integrasi, menjadi nilai dan dijalankan sejumlah divisi secara berkelanjutan.

"Perusahaan dalam Fortune Indonesia Change the World ini berhasil melakukan inovasi terhadap aktivitas bisnis, yang didorong oleh tujuan komersial, dan membuat bisnis mereka menjadi unik dan mampu memecahkan masalah sosial," tulis Fortune Indonesia.

Baca juga: Daftar 100 Perusahaan Terbesar di RI Versi Fortune Indonesia

 


Berikut daftar Fortune Indonesia Change the World yang disusun berdasarkan abjad:

1. Adaro Energy Indonesia

2. Allianz Life Indonesia

3. Astra International

4. AstraZeneca Indonesia

5. Bank Rakyat Indonesia

6. Bank Central Asia

7. BioFarma

8. Cisarua Mountain Dairy

9. Danone Indonesia

10. Desa Potato Head

11. Djarum Foundation

12. East Ventures

13. Golden Agri-Resources

14. Google Indonesia

15. GoTo

Baca juga: Pertamina Jadi Perusahaan yang Raup Pendapatan Terbesar Versi Fortune Indonesia

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com