Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Saham Alfamart, GoTo Raup Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 14/12/2022, 18:38 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menjual kepemilikan saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart. Lewat aksi divestasi tersebut, GoTo mengantongi dana sebesar Rp 1,5 triliun.

CFO Grup GoTo Jacky Lo mengatakan, perusahaan memutuskan untuk menjual saham AMRT dengan melihat pergerakan saham yang positif. Asal tahu saja, data Google menunjukkan, saham AMRT telah melesat lebih dari 100 persen sejak awal tahun ini.

"Saham Alfamart menunjukkan kinerja yang kuat, sehingga memberi peluang bagi kami untuk merealisasikan keuntungan yang signifikan dari investasi minoritas kami," kata dia, dalam keterangannya, Rabu (14/12/2022).

Baca juga: Baru Mencoba Bangkit, Saham GOTO Kembali Terperosok dan Sentuh ARB

Lebih lanjut Jacky bilang, divestasi AMRT selaras dengan strategi jangka panjang perusahaan untuk fokus pada bisnis inti perseroan. Strategi ini telah dipaparkan dalam paparan kinerja kuartal III-2022.

Selama beberapa tahun terakhir, Jacky menambah, GoTo disebut telah bekerja sama secara erat dengan manajemen Alfamart selama dalam berbagai kolaborasi. Lewat kolaborasi tersebut, kedua belah pihak menciptakan pengalaman optimal bagi konsumen dan memperluas akses layanan keuangan untuk masyarakat Indonesia.

"Alfamart adalah salah satu peritel terdepan di Indonesia, dan merupakan mitra bisnis GoTo yang erat dan memiliki kesamaan visi. Kami akan terus bermitrt erat dengan Alfamart di masa depan," ucap Jacky.

Sebagai informasi, transaksi ini bukan merupakan transaksi dengan pihak afiliasi dan bukan transaksi material sebagaimana diatur di dalam peraturan terkait.

Baca juga: Soal Investasi Telkom di GoTo, Dirut: Bukan Capital Gain Semata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com