Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SSIA Alokasikan Capex Rp 1,3 Triliun pada 2023, Bangun Subang Smartpolitan

Kompas.com - 15/12/2022, 23:30 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten properti PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp 1,3 triliun pada 2023. Sebagian besar dana itu akan dialokasikan untuk pembangunan proyek Subang Smartpolitan.

VP Head of Investor Relations SSIA Erlin Budiman mengatakan, dana yang dialokasikan perusahaan untuk membangun proyek Subang Smartpolitan sebesar Rp 1 triliun. Dana ini akan digunakan untuk pengembangan lahan dan akuisisi lahan proyek tersebut.

Sedangkan sisa dana capex akan digunakan untuk unit bisnis lain. Ini meliputi bisnis di Edenhaus Simatupang dan segmen perhotelan.

Baca juga: Efek jika GoTo Masuk Konstituen Indeks Global

"Capex 2023 sebesar Rp 1,3 triliun, utamanya itu kita untuk Subang Smartpolitan sebesar Rp 1 triliun," kata Erlin saat paparan publik secara virtual, Kamis (15/12/2022).

Pada kesempatan yang sama Direktur SSIA The Jok Tung menegaskan, perusahaan memang membutuhkan dana capex yang besar untuk ekspansi di kawasan Subang. Pasalnya, perusahaan masih perlu akuisisi lahan strategis dan mengerjakan infrastruktur.

Dia berharap, tahun depan sudah dapat melakukan penjualan lahan. Adapun serah terima diharap dapat dilakukan pada 2024.

Terkait perolehan dana capex, Jok Tung menyebut, perusahaan masih punya sisa dana dari penjualan pergudangan. Sebelumnya, SSIA menjalankan aksi divestasi pergudangan dengan nilai Rp 562,27 miliar pada Juni 2022.

Baca juga: Bertemu Menkeu Qatar, Erick Thohir Bahas Investasi hingga Promosikan Batik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com