Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: 71 Persen Masyarakat Indonesia Manfaatkan Gelaran Harbolnas untuk Berhemat

Kompas.com - 19/12/2022, 17:34 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Snapchart melalui surveinya memotret perilaku belanja online masyarakat di tengah kemeriahan akhir tahun khususnya di momen Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas.

Tercatat, dari semua responden yang disurvei ada sebanyak 95 persen responden mengaku telah memanfaatkan momentum 12.12 untuk berbelanja.

“Setiap tahunnya Harbolnas menjadi sarana para pemain e-commerce unjuk gigi dalam memberikan penawaran terbaik dan menghadirkan inovasi serta program baru guna meningkatkan daya saing. Survei Snapcart Indonesia melihat 95 persen responden mengaku telah memanfaatkan momentum 12.12 untuk berbelanja," ujar Direktur Snapcart Indonesia Astrid Wiliandry dalam rilis hasil surveinya, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Mendag Zulhas Bidik Transaksi Harbolnas 2022 Tembus Rp 27 Triliun

Dari riset ini, ditemukan juga berbagai manfaat Harbolnas yang dirasakan masyarakat.

Tercatat, sebanyak 71 persen responden mengakui Harbolnas membantu untuk menghemat, 56 persen program Harbolnas menjadi program yang menguntungkan, 50 persen mengaku momen Harbolnas bisa mendapat barang-barang yang menarik, dan 27 persen untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun.

Dari tiga pemain utama, ditemukan pula bahwa mayoritas responden memilih Shopee sebagai platform yang paling sering digunakan untuk berbelanja saat perayaan kampanye Harbolnas, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada di posisi ke-2 dan ke-3.

Dari semua platform e-commerce, terlihat, Shopee unggul pada sebagian besar indikator antara lain, Harga Terjangkau, Menyediakan Fitur Tambahan selain untuk berbelanja dan menyediakan Metode Pembayaran Cicilan.

Sedangkan Tokopedia dan Shopee juga bersaing sengit pada beberapa indikator seperti Ongkos Kirim Murah dan Pilihan Jenis Kategori Produk yang Beragam dan Lengkap.

Baca juga: Ini Jenis Kejahatan Siber yang Kerap Muncul di Festival Harbolnas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com