Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Pertanian, Menteri PPN Usulkan 3 Rekomendasi KUR ke Jokowi

Kompas.com - 20/12/2022, 12:49 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menyampaikan tiga rekomendasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2023 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usulan itu disampaikan dalam acara Penyerahan KUR Klaster dan Penyaluran Dana melalui Lembaga Penyalur Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), di Istana Negara, Senin (19/12/2022).

Usulan pertama yaitu pemberlakukan target penyaluran KUR untuk sektor produksi sebesar 0 persen pada 2023. Sebelumnya target ini hilang pada 2021 dan 2022 akibat adanya pandemi Covid-19.

Baca juga: Manfaat KUR Klaster UMKM, Naikkan Skala Usaha Hingga Perkuat Kemitraan

"Kedua, tambahan subsidi bunga KUR yang diberlakukan hingga akhir tahun 2022 perlu dilanjutkan khusus untuk sektor produksi, terutama pertanian," katanya dikutip dari Instagram @suharsomonoarfa, Selasa (20/12/2022).

Usulan ketiga, lanjut dia, suku bunga untuk KUR sektor produksi, terutama pertanian, menjadi sebesar 3 persen, sedangkan KUR untuk sektor lainnya kembali menjadi 6 persen.

Ia berharap ketiga usulan KUR tersebut diharapkan bisa meringankan beban para petani sehingga bisa memperkuat produksi.

Sementara itu, target penyaluran KUR pada 2023 sebesar Rp 470 triliun. Upaya peningkatan penyalurah KUR dilakukan dengan melibatkan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara.

Baca juga: Jokowi: KUR Klaster Perkuat UMKM untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi


Kementerian Koperasi dan UKM berperan dalam fasilitasi pendampingan bagi usaha mikro dan fasilitasi pembiayaan KUR klaster bagi usaha mikro. Kemenko Perekonomian berperan dalam penyusunan rekomendasi kebijakan penyaluran KUR.

Sementara Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA-BUN) berperan dalam subsidi Imbal Jasa Penjaminan KUR dan subsidi bunga KUR.

Penyaluran dana bergulir melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB KUMKM) pada periode tahun 2022 mencapai Rp 1,39 triliun yang disalurkan kepada 161 mitra.

Adapun penyaluran dana bergulir terbesar tahun 2022 di Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 415 miliar disalurkan kepada 44 mitra, di Sulawesi Selatan penyaluran mencapai Rp 171 miliar yang disalurkan kepada 5 mitra.

Di Jawa Barat, penyaluran mencapai Rp 161 miliar yang disalurkan kepada 26 mitra. Di Jawa Timur, penyaluran dana mencapai Rp 149 miliar dan disalurkan kepada 24 mitra. Di Provinsi DKI Jakarta, penyaluran dana mencapai Rp 109 miliar yang disalurkan kepada 9 mitra.

Baca juga: Bagikan KUR, Jokowi Senang Warung-warung Makan Masih Buka dan Ramai hingga Malam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com