Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Gelar Digiers Day, Kemenkominfo Latih Lebih dari 200.000 Peserta DTS

Kompas.com - 20/12/2022, 16:26 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah melaksanakan Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 yang menargetkan pemberian beasiswa dan pelatihan intensif kepada 200.000 peserta.

Sebagai lanjutan dari program tersebut, Kemenkominfo juga bakal menggelar Digiers Day pada Rabu (21/12/2022). Acara ini merupakan wadah penyaluran dan perluasan kesempatan kerja bagi alumni DTS, baik yang telah lulus maupun maish melalui proses sertifikasi.

Dalam Digiers Day, Kemenkominfo turut meluncurkan dan menyosialisasikan fitur platform Diploy sebagai job portal dan talent pool; pameran hasil proyek atau karya dari para peserta DTS 2022, dan talkshow inspiratif terkait perencanaan dan pengembangan karier bagi alumni.

Aplikasi tersebut dapat menjadi wadah pertemuan antara talenta-talenta digital yang sudah dilatih melalui program DTS dengan berbagai peluang kerja dari beragam industri mitra melalui aplikasi Diploy yang merupakan penyempurnaan dari SIMONAS atau Sistem Informasi dan Monitoring Alumni Sertifikasi.

“Digiers Day kami buat untuk (kebutuhan) soft-skills (bagi mereka) setelah alumni DTS kami latih hard skill-nya,” jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo Hary Budiarto dalam riliss yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Pada event tersebut, mitra perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen secara langsunguntuk kebutuhan magang ataupun penempatan kerja.

Program DTS 2022

Perlu diketahui, DTS 2022 dijalankan agar sumber daya manusia (SDM) Tanah Air memiliki keterampilan bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu berdaya saing di era Industri 4.0.

Atas dasar itulah, program DTS 2022 dihadirkan. Adapun program DTS 2022 telah melatih 225.187 peserta dengan 55,5 persen laki-laki dan 44,5 persen perempuan. Peserta berasal dari beragam kalangan, utamanya angkatan kerja muda dan aparatur sipil Negara (ASN).

“Jumlah itu diseleksi dari total 283.906 pendaftar. Hingga akhir November 2022, masih terdapat 37.229 peserta yang menjalani pelatihan di delapan akademi,” jelasnya.

Delapan akademi itu adalah Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Professional Academy (ProA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Talent Scouting Academy (TSA).

“Peningkatan kompetensi dari talenta digital Indonesia akan menjadi peluang dan lapangan kerja baru bagi tenaga kerja dalam negeri,” ujar Hary.

Sebagai informasi, penyelenggaraan DTS melibatkan kerja sama Kemenkominfo dengan beberapa pihak, seperti perguruan tinggi, global technology companies, dan maupun perusahaan lokal, serta industry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com