Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-4 Natal, Tim Posko Kementerian ESDM Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

Kompas.com - 21/12/2022, 21:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan kondisi pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) pada H-4 menjelang perayaan Hari Raya Natal 2022.

Dalam laporan periode 20 Desember 2022, stok maupun pendistribusian BBM dan LPG terpantau normal. Untuk jenis bensin RON 90 mencapai ketahanan selama 21 hari, stok solar capai 20 hari. Sementara penyaluran gasoline (bensin RON 90/Pertalite) naik 6,09 persen dibanding penyaluran normal, begitu pula penyaluran gas oil (solar) naik sebanyak 10,29 persen dari penyaluran normal.

Baca juga: Pimpin Upacara Pemakaman Subroto, Menteri ESDM: Seluruh Negeri Turut Merasakan Kehilangan

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH) Migas Erika Retnowati selaku Ketua Tim Posko Sektor ESDM mengatakan, bahan bakar jenis avtur mengalami kenaikan hingga 12,44 persen dibanding penyaluran normal.

"Kenaikan ini dikarenakan banyak masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara baik untuk perayaan Natal 2022 maupun Liburan Tahun Baru 2023. Jangan khawatir, ketahanan stok gasoline, gas oil, kerosene, maupun avtur diatas 17 hari. Untuk pertalite dan solar, sekitar 20-21 hari," kata Erika dalam siaran pers, Rabu (21/12/2022).

Baca juga: Polemik DBH, Kementerian ESDM-Kemenkeu Pertanyakan Data Bupati Meranti

 


Erika mengatakan, kondisi stok LPG sebesar 431.607 Metrik Ton (MT) dengan coverage days 17,84 hari.

Untuk kegiatan niaga gas baik di wilayah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan wilayah Indonesia Timur status operasinya aman dan normal. Begitu juga kegiatan penyaluran gas untuk rumah tangga.

Baca juga: 12,3 Juta Orang Diprediksi Gunakan KRL Jabodetabek Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com