Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rights Issue, KB Bukopin Bakal Terbitkan 120 Miliar Lembar Saham Awal 2023

Kompas.com - 22/12/2022, 10:46 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan keuangan asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank memperkuat komitmennya ke PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dengan penambahan modal melalui rights issue (hak memesan efek terlebih dahulu/HMETD).

Penambahan modal tersebut akan dilakukan melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT VII) dengan skema HMETD atau rights issue, dan telah mendapat persetujuan para Pemegang Saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 November 2022, di Kantor Pusat KB Bukopin.

"Gerak cepat dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian yang dilakukan dalam pelaksanaan tahapan-tahapan dari rencana penambahan modal tersebut menunjukkan keseriusan KB Financial Group," kata Deputy President Director KB Bukopin, Robby Mondong melalui pernyataan tertulis, Kamis (22/12/2022).

Baca juga: KB Bukopin Gandeng PPA Kelola Aset Berkualitas Rendah Rp 1,3 Triliun

Rencananya, KB Bukopin akan menerbitkan saham baru seri B sebanyak 120 miliar lembar saham. Itupun kata Robby, tergantung keperluan dana KB Bukopin dan harga dari pelaksanaan.

Tambahan modal dari rights issue ini akan berlangsung awal 2023. Rencananya dana tambahan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan bisnis serta kontribusi KB Bukopin dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

KB Bukopin menunjuk Mirae Asset Sekuritas dan KB Valbury Sekuritas sebagai penasihat (advisor) dan agen penjualan (selling agent) untuk pelaksanaan rights issue.

Keseriusan KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank untuk mengembangkan KB Bukopin didukung oleh kemampuan keuangan mereka dengan total aset mencapai 560,1 miliar dollar AS.

Selain itu, KB Financial Group memiliki basis pelanggan yang mencapai 70 persen populasi Korea, serta peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea, serta dikenal sebagai entitas bisnis keuangan yang paling menguntungkan, solid, dan stabil.

Baca juga: KB Bukopin Dapat Suntikan Dana Rp 4,41 Triliun dari IFC

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com