Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentetan Kecelakaan Kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - Diperbarui 23/12/2022, 14:55 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghentikan sementara pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) usai anjloknya kereta teknis proyek tersebut.

Kemenhub menyebutkan penghentian dilakukan di ruas jalur terdampak insiden kereta anjlok yang terjadi pada lokasi Track Laying KCJB pada ruas jalur DK 102+309.

Sarana tersebut dimiliki oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan digunakan untuk pembangunan jalur rel, bukan sarana atau kereta yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang.

Dari insiden itu, tercatat korban mencapai 6 orang yang mencakup 2 korban jiwa, 2 korban luka berat, dan 2 korban luka ringan. Korban meninggal adalah warga negara China.

Baca juga: Kontraktor Proyek Kereta Cepat Didominasi Perusahaan China

Insiden serius kereta cepat

Insiden mega proyek yang didanai APBN dan utang China ini sudah beberapa kali terjadi. Kontraktor sendiri mengejar waktu penyelesaian, karena proyek ini sendiri ditargetkan rampung pada akhir tahun 2022.

Selain kereta teknis yang anjlok, insiden paling serius lainnya sepanjang pembangunan kereta cepat yang memakan korban jiwa adalah ledakan besar pipa minyak milik Pertamina.

Akibat kesalahan kontraktor, pipa milik Pertamina meledak terkena pengeboran alat berat proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Kejadian meledaknya pipa Pertamina terjadi pada 22 Oktober 2019. Seorang pekerja diketahui ikut meninggal karena terbakar.

Baca juga: Biaya Kereta Cepat Bengkak gara-gara Perhitungan China Salah

Korban tersebut merupakan pekerja dari Cina yang bernama Li Xuanfeng yang merupakan operator alat berat.

Jalur pipa Pertamina di sebelah utara ruas tol, sepanjang jalur jalan Tol Cipularang yang masuk wilayah Kota Cimahi.

Pipa tersebut sedianya siap untuk dipindahkan ke jalur pipa baru di sebelah selatan jalan Tol Cipularang, karena ada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Pipa itu menyuplai bahan bakar minyam jenis Premium dari Terminal Ujung Berung ke Padalarang. Alur pipa tersebut berada di antara ruas tol Cimahi-Pasirkoja km 130.

Baca juga: Debat Sengit Said Didu Vs Arya Sinulingga soal Kereta Cepat

Tiang pancang roboh

Beberapa waktu lalu, beredar sebuah video yang menampilkan kecelakaan dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ramai diperbincangkan di media sosial.

Pada video itu tampak sebuah pilar proyek kereta roboh, dan menimpa dua ekskavator yang ada di sekitarnya.

Merespons hal tersebut, PT KCIC langsung memanggil kontraktor yang terlibat dan melakukan investigasi. Perusahaan juga memberi teguran langsung kepada kontraktor terkait agar kejadian serupa tidak terulang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com