Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Jamin Penyaluran Gas Tetap Normal Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2022, 15:03 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina memastikan akan tetap melayani dan menjaga penyaluran kebutuhan gas selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menjelaskan, Satgas Nataru PGN menjaga kondisi aman seluruh jaringan dan suplai gas bumi untuk 794.145 sambungan rumah (SR), 1.914 pelanggan kecil, serta 2.542 pelanggan komersial dan industri. Untuk pasokan, PGN mendapatkan dari multisource 19 KKKS Gas di 23 Wilayah Kerja.

"PGN menyiapkan suplai distribusi gas ke pengguna akhir sebesar 977 BBTUD, transmisi gas sebesar 2.490 MMSCFD, 177.750 LSP untuk BBG, dan LNG Stock. Dengan kehandalan infrastruktur seratus persen untuk kegiatan pengangkutan dan penyaluran gas saat ini, dalam status aman dan normal," ujarnya dikutip melalui keterangan tertulis Pertamina, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Distribusi dan Layanan Gas Bumi Nasional Dijaga Satgas Pengamanan Libur Nataru 2022

Faris menambahkan, peran Satgas Nataru juga memastikan keamanan pengangkutan crude oil dan penyaluran bahan bakar gas (BBG). Satgas Nataru juga menyiapkan antisipasi ketersediaan gas dengan memanfaatkan CNG sebagai back up supply jika ada gangguan penyaluran, serta penggunaan LNG di FSRU Lampung.

"Secara operasional, Satgas Nataru melakukan monitoring dan pengendalian tekanan jaringan transmisi maupun distribusi, serta patroli jaringan dan infrastruktur gas bumi. Kesiagaan 24 jam untuk menjaga penyaluran gas. Selain itu, Tim Penanganan Gangguan juga siaga 24 jam 7 hari," kata dia.

Dia bilang, Satgas Nataru PGN akan berjaga di 23 area posko dan siaga dihubungi 24 jam di Call Center nomor 135. Diharapkan, Satgas Nataru dapat menangani dengan cepat jika terjadi kendala atau insiden dalam pemakaian gas bumi.

Baca juga: Pertagas Pasok 9.000 MMBTUD Gas ke PT Indocement

Masyarakat juga dapat menghubungi Sales Area terdekat untuk mempercepat penanganan jika mengalami kendala pemakaian gas bumi.

"Gas balance masing-masing area atau regional dapat berubah sesuai kebutuhan pelanggan dan ketersediaan gas. Maka dari itu, PGN juga mengantisipasi peluang kenaikan demand gas bumi. Demi alasan keamanan, bagi pelanggan rumah tangga yang hendak bepergian dalam waktu lama selama libur Nataru, kami mengimbau untuk menutup valve yang berada di dekat meteran gas," imbau Faris.

Baca juga: SKK Migas Fokus Penuhi Pasokan Gas untuk Industri Pupuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com