BrandzView
Konten ini merupakan hasil interview Kompas.com dengan Grab

Grab Kejutkan Puluhan Ribu Mitra dengan Apresiasi Senilai Total Rp 15,8 Miliar

Kompas.com - 24/12/2022, 11:53 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi perusahaan ride-hailing, seperti Grab, keberadaan mitra, baik pengemudi maupun merchant, memiliki peranan yang sangat penting. Utamanya, dalam membantu perkembangan dan keberlanjutan perusahaan.

Loyalitas dan dedikasi para mitra pun jadi hal yang wajib diapresiasi agar perusahaan dapat terus bertumbuh dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Country Managing Director, Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, perkembangan layanan Grab di Indonesia tak lepas dari peranan mitra pengemudi dan mitra merchant yang ada dalam ekosistem perusahaan.

Oleh karena itu, sambungnya, Grab terus mempererat hubungan serta memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mitra yang telah berkontribusi dan berdedikasi.

Salah satu upaya yang dilakukan Grab untuk mempererat solidaritas sekaligus mengapresiasi para mitranya yaitu melalui event tahunan Hari Mitra Grab.

Country Managing Director, Grab Indonesia Neneng Goenadi saat mengikuti konvoi bersama mitra Grab. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Country Managing Director, Grab Indonesia Neneng Goenadi saat mengikuti konvoi bersama mitra Grab.

“Hari Mitra Grab kami adakan sejak 2021. Event ini merupakan wadah bagi Grab agar dapat memberikan penghormatan kepada para mitra secara konsisten. Tujuan diadakannya Hari Mitra Grab sejak pertama kali digelar hingga saat ini masih tetap sama, yaitu menjadikan ajang ini sebagai harinya para mitra,” ujar Neneng dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/12/2022).

Sebagai informasi, Hari Mitra Grab adalah bagian dari program Grab for Good yang merupakan program berkelanjutan jangka panjang. Program ini dibuat oleh Grab sejak 2019 untuk memberdayakan masyarakat Indonesia.

Selain itu, program tersebut juga hadir untuk memberikan lebih banyak pilihan dan kesempatan kepada masyarakat demi memiliki kehidupan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi.

Neneng menambahkan, Hari Mitra Grab hadir dengan tema “Solidaritas Selamanya”. Tema ini diusung secara konsisten dari tahun ke tahun dengan harapan agar sesama mitra dapat terus kompak.

“Pada Hari Mitra Grab, kami mengundang sejumlah mitra untuk merayakan momen kebersamaan ini. Tahun ini, Hari Mitra Grab yang diadakan di Yogyakarta 11 Desember lalu dan dihadiri oleh lebih dari 1.000 mitra yang berasal dari seluruh Indonesia,” ucap Neneng.

Perwakilan Mitra Grab dari Aceh (kiri) dan Papua (kanan) berkumpul bersama di Hari Mitra Grab. Dok. Grab Perwakilan Mitra Grab dari Aceh (kiri) dan Papua (kanan) berkumpul bersama di Hari Mitra Grab.

Neneng mengatakan, Yogyakarta dipilih sebagai kota penyelenggaraan Hari Mitra Grab 2022 lantaran memiliki nilai budaya dan tradisi lokal yang kuat.

Selain itu, mitra pengemudi dan mitra merchant Grab asal Yogyakarta dikatakan Neneng memegang peranan penting untuk perkembangan ekonomi lokal dan mendorong terwujudnya transformasi digital.

“Kami senang melihat pertumbuhan mitra pengemudi di Yogyakarta yang meningkat hingga 25 persen pada 2022 dibandingkan 2021. Pertumbuhan mitra merchant Grab juga positif, yakni hingga 26 persen. Kini, semakin banyak pemilik usaha restoran dan pedagang kaki lima yang bergabung dalam ekosistem Grab,” jelas Neneng.

Hadirkan program Apresiasi Dana Abadi

Sama seperti gelaran tahun sebelumnya, Hari Mitra Grab 2022 juga menjadi momen bagi Grab untuk memberikan program Apresiasi Dana Abadi.

Tahun ini, senilai Rp 15,8 miliar dibagikan kepada lebih dari 45.000 Pejuang Transportasi dan Pejuang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), termasuk mitra Grab, melalui kerja sama dengan BenihBaik.com.

Momen haru Ibu Ia Julaeha, penerima satu unit mobil dari Apresiasi Dana Abadi. Dok. Grab Momen haru Ibu Ia Julaeha, penerima satu unit mobil dari Apresiasi Dana Abadi.

“Pejuang transportasi tersebut meliputi pengemudi ambulans, kereta commuter line, mass rapid transit (MRT), TransJakarta, bus antarkota antarprovinsi (AKAP), penjaga pintu kereta api, dan ojek online, termasuk mitra pengemudi Grab,” tutur Neneng.

Sementara itu, pejuang UMKM yang mendapatkan apresiasi adalah para pelaku UMKM di bidang kuliner, termasuk mitra merchant Grab.

Salah satu manfaat yang tercakup dalam Apresiasi Dana Abadi adalah Beasiswa GrabScholar untuk 1.158 anak mitra Grab dan masyarakat umum.

Beasiswa tersebut hadir untuk anak yang berada di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK), dan universitas.

Sejumlah mitra Grab yang mendapatkan apresiasi.Dok. Grab Sejumlah mitra Grab yang mendapatkan apresiasi.

“Kami juga memberikan 4 unit mobil, 44 unit motor listrik, dana operasional sebesar Rp 25 juta untuk pengembangan bisnis bagi 100 pelaku UMKM, dan dana tunai bagi 45.000 penerima. Kami berharap, berbagai inisiatif yang dilakukan, termasuk Apresiasi Dana Abadi, dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi nyata bagi para mitra,” jelasnya.

Vokalis Kangen Band berfoto bersama perwakilan Grab, OVO, dan BenihBaik.com serta para mitra Grab. Dok. Grab Vokalis Kangen Band berfoto bersama perwakilan Grab, OVO, dan BenihBaik.com serta para mitra Grab.

Neneng pun berharap, Hari Mitra Grab dapat benar-benar dinikmati dan menjadi hari-nya para Mitra.

Untuk diketahui, Selain Apresiasi Dana Abadi, Grab juga menghadirkan musisi tanah air kenamaan, seperti Kangen Band dan Ndarboy Genk untuk menghibur para Mitra pada Hari Mitra Grab 2022.

Ada pula penampilan mitra Grab yang mendapatkan animo luar biasa dari sesama rekannya.

Selain itu, Grab juga meyediakan sejumlah permainan seru untuk menghibur para mitra yang hadir pada ajang tersebut.

“Terpenting, mitra dapat bergembira dan berkumpul dengan para mitra lain dari berbagai daerah. Mereka bisa menikmati segala apresiasi sekaligus merasakan manfaat yang diberikan secara langsung oleh Grab,” kata Neneng. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com