Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Daerah Penghasil Bauksit di Indonesia Terbesar

Kompas.com - 24/12/2022, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Bauksit adalah salah satu logam paling banyak ditambang di seluruh dunia. Daerah penghasil bauksit di indonesia adalah terkonsentrasi di Pulau Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.

Pemerintah Indonesia sendiri resmi melarang ekspor bijih bauksit mulai Juni 2023. Tujuannya agar investor mau membangun pabrik pengolahan (smelter) di dalam negeri dan bisa diekspor dengan nilai tambah yang lebih besar.

Manfaat hilirisasi lainnya tentu sangatlah banyak, dari menambah lapangan kerja, menggenjot pertumbuhan ekonomi, hingga pemasukan pajak.

Daerah penghasil bauksit di Indonesia

Dirangkum dari berbagai sumber, daerah penghasil bauksit di Indonesia banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan. Selain itu, di indonesia bauksit ditemukan di daerah Sulawesi.

Baca juga: Mengenal Nikel, Logam yang Lagi Naik Daun Berkat Booming Mobil Listrik

Di Pulau Borneo contohnya, penambangan bauksit banyak dilakukan di Kalimantan Barat seperti daerah Tayan (Kabupaten Sanggau), Kabupaten Ketapang, dan Kabupaten Mempawah.

Bauksit di Kabupaten Sanggau memiliki cadangan 1.300 juta ton dan di Tayan dengan cadangann 800 juta ton.

Pertambangan bauksit di Kalimatan Barat dilakukan PT Antam Tbk yang merupakan anggota holding BUMN tambang, MIND ID.

Sementara daerah penghasil bauksit di Sumatera berpusat di Riau. Bahkan, tambang bauksit pertama di Indonesia ada di Bintan, Kepulauan Riau.

Daerah penghasil bauksit yang masih menyimpan sumber daya bauksit paling besar adalah Kabupaten Lingga dengan jumlah 168,96 juta ton. Sisanya tersebar di sejumlah wilayah dengan jumlah yang relatif kecil.

Baca juga: Mengenal Bendungan Kering, Jurus Jokowi Kendalikan Banjir di Jakarta

Daerah penghasil bauksit cukup beragam, tapi daerah penghasil bauksit di indonesia adalah terpusat di Sumatera dan Kalimantan. Lalu, di indonesia bauksit ditemukan di daerah Sulawei.KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Daerah penghasil bauksit cukup beragam, tapi daerah penghasil bauksit di indonesia adalah terpusat di Sumatera dan Kalimantan. Lalu, di indonesia bauksit ditemukan di daerah Sulawei.

Di Riau, daerah penghasil bauksit tersebar di Tanjung Pinang, dan Karimun. Bauksit juga banyak ditemukan di Bangka Belitung dan Sumatera Utara.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+