Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Libur Natal 2022, 154.920 Orang Mudik Naik KA Jarak Jauh

Kompas.com - 25/12/2022, 07:43 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat 154.920 orang mudik menggunakan kereta api (KA) jarak jauh pada puncak libur Natal 2022.

Puncak pergerakan arus mudik libur Natal 2022 tersebut pada H-2 Natal atau Jumat 23 Desember 2022. KAI mencatat, pada tanggal tersebut tingkat okupansi tempat duduk kereta api mencapai 114 persen.

Pada tanggal 23 Desember KAI menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk dari 236 KA jarak jauh. Artinya, KAI mampu menjual lebih dari 1 tiket untuk 1 tempat duduk yang tersedia.

Baca juga: Terbaru, Cek Syarat Naik Kereta Api untuk Anak-anak

Volume pelanggan KA jarak jauh tersebut meningkat 21 persen dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember ketika KAI melayani 128.224 pelanggan KA jarak jauh.

Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023.

Sampai dengan saat ini, berdasarkan data penjualan sementara maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 - 2 Januari 2023.

Rute KA terfavorit

Mayoritas pelanggan KA jarak jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya.

Baca juga: Cek Syarat Naik Kereta Api 2022 Terbaru untuk Libur Nataru

Rinciannya, terdapat sekitar 17.000 pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14.000 pelanggan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir, 11.000 pelanggan dari Stasiun Bandung, 10.000 pelanggan dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6.000 pelanggan dari Stasiun Pasar Turi.

Adapun relasi favorit pelanggan KA jarak jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Bandung, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, Bandung - Jakarta, Bandung - Surabaya, Surabaya - Yogyakarta, dan lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI.

Ia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan layanan KAI.

Baca juga: Cek Syarat dan Cara Refund Tiket Kereta Api Online dan Offline

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ujar Joni.

Joni melanjutkan, tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan.

Ia mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Baca juga: Update Rute dan Jadwal KA Sembrani Jakarta - Surabaya 2022

Secara umum, total tiket KA jarak jauh yang disediakan pada periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023) yaitu sebanyak 2,4 juta tempat duduk.

Tiket KA jarak jauh pada masa Nataru yang telah terjual sampai dengan 24 Desember 2022 adalah sebanyak 1,1 juta tiket. Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com