Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Porter Gratis bagi Penumpang KA di Stasiun Pasar Senen

Kompas.com - 25/12/2022, 19:10 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyediakan porter gratis di Stasiun Pasar Senen untuk pelanggan yang akan melalui penyeberangan bawah (underpass) menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4.

"Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna oranye," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dikutip dari Antara, Minggu (25/12/2022).

Petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan, khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil, dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4, baik saat berangkat ataupun sebaliknya.

Layanan porter gratis, kata dia, dihadirkan karena pada musim liburan mayoritas penumbang berangkat bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.

Baca juga: Sering Disalahpahami, Apa Bedanya Ton dan Metrik Ton?

"Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area stasiun," ujarnya.

Ia mengatakan pada periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023 Stasiun Pasar Senen merupakan stasiun yang mengalami peningkatan penumpang cukup tinggi. Pada Jumat lalu (23/12/2022) total ada sekitar 23 ribu pengguna berangkat dari stasiun tersebut.

Sementara untuk hari ini, Minggu (25/12/2022), ada sekitar 18.800 penumpang berangkat.

Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember tahun lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang.

Baca juga: Apa Arti Sentra Ramos pada Merek Beras yang Banyak Beredar di Pasar?

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan, karena tiket KA masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

"Pelanggan KA yang akan bepergian juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun minimal 1 jam sebelum keberangkatan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com