Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan ESG, Dua Area PGE Raih Proper Emas 2022 dari KLHK

Kompas.com - 29/12/2022, 16:59 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua area PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yakni di Kamojang dan Ulubelu, meraih penghargaan PROPER Emas Tahun 2022 dari Kementerian KLHK.

Capaian ini menjadi bukti komitmen PGE dalam pengembangan panas bumi dan memastikan implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) bagian terintegrasi dari bisnis panas bumi perusahaan.

Penghargaan PROPER Emas ke PGE sebagai Subholding Pertamina Power & New Renewable Energy (PNRE) diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya kepada penerima penerima penghargaan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Baca juga: Upaya Sido Muncul Utamakan Keberlanjutan Lingkungan dan Masyarakat Diganjar Proper Emas 2021

“Pencapaian ini juga wujud dukungan dan komitmen PGE dalam mencapai pembangunan berkelanjutan khususnya goal ke 7 (energi bersih dan terjangkau), 12 (konstruksi dan produksi yang bertanggungjawab), 13 (penanganan perubahan iklim), dan 15 (ekosistem darat) pada SDGs (Sustainable Development Goals),” kata Ahmad Yuniarto, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Kamis.

“Ini membuktikan bentuk kepedulian PGE terhadap lingkungan sekitarnya,” lanjutnya.

Baca juga: Terapkan Prinsip ESG, MMS Group Indonesia Raih Penghargaan

Menurut AY, penganugerahan PROPER Emas 2022 merupakan prestasi pencapaian PGE Area Kamojang di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pasalnya, PGE Area Kamojang berhasil mempertahankan PROPER Emas 12 kali berturut-turut sejak 2011 hingga 2022.

Melalui program unggulan CSR KANG ELIE (Kamojang Green Living Ecosystem), PGE Area amojang menciptakan ekosistem pemberdayaan masyarakat di sekitar yang sustainable dan ramah lingkungan.

Selain itu, penganugerahan kali ini juga merupakan momen spesial bagi PGE Area Ulubelu di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Pasalnya, ini adalah penghargaan Emas pertama kali di ajang PROPER.

“Dengan program unggulan CSR Layung Respati yang menitikberatkan pada perlawanan para Petani kopi dalam menanggulangi unfair trading dan penyalahgunaan hutan lindung melalui rekonstruksi pola pikir para petani kopi,” katanya.

Baca juga: SIG Akan Gunakan 60 Persen Dana dari Rights Issue untuk Program ESG

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com