Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak 204 Persen, Penumpang Kereta Api Selama Libur Nataru Tembus 1 Juta

Kompas.com - 30/12/2022, 11:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat 1.095.714 pelanggan selama 8 hari masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 atau selama periode 22-29 Desember 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, selama periode tersebut, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari dengan keterisian tempat duduk yang sangat baik mencapai rata-rata 102 persen per hari.

Ia mengatakan, jumlah ini meningkat sebesar 204 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.

Baca juga: Tarif KRL Dipastikan Tak Naik Tahun Depan, Penumpang Kaya Bakal Pakai Kartu Bertarif Khusus

"Hal ini diperkirakan terjadi dikarenakan perubahan persyaratan naik KA di mana tidak lagi ada persyaratan screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR, kapasitas angkut yang telah diperbolehkan menjadi 100 persen serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan," kata Joni dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Joni mengatakan, relasi yang menjadi favorit penumpang selama periode tersebut yaitu rute Jakarta - Yogyakarta PP, Jakarta - Solo PP, Jakarta - Surabaya PP, Jakarta - Purwokerto PP, Bandung - Surabaya PP, Yogyakarta - Surabaya PP, dan Yogyakarta - Banyuwangi PP.

Ia juga mengatakan, hingga 30 Desember 2022, total 1,6 juta tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Nataru atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 2,4 juta tempat duduk.

"Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," ujarnya.

Terakhir, Joni mengatakan, pihaknya memberikan peningkatan pelayanan melalui Kereta Panoramic.

"Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis," ucap dia.

Baca juga: Mumpung Masih Tersedia, Cek Harga dan Cara Beli Tiket Kereta Panoramic

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com