Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Naik, Cek Daftar Biaya Layanan Tokopedia Seller 2023

Kompas.com - 01/01/2023, 14:05 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com - Biaya layanan Tokopedia Seller mengalami perubahan mulai 2 Januari 2023. Dengan kata lain, biaya admin Tokopedia 2023 tidak lagi sama dengan tahun 2022.

Penyesuaian biaya layanan Tokopedia ini berlaku untuk Seller Power Merchant PRO, Power Merchant dan Regular Merchant.

Perlu dicatat, biaya layanan Tokopedia Power Merchant dan Power Merchant PRO berbeda dengan besaran yang berlaku untuk potongan Regular Merchant Tokopedia.

Baca juga: Cara Mengajukan Pengembalian Barang Tokopedia jika Tak Sesuai Pesanan

Selain itu, terdapat perubahan juga pada kategori produk terjual, yang dibagi ke dalam 5 kategori grup dengan biaya layanan berbeda.

Per 2 Januari 2023, perhitungan biaya akan sesuai kategori produk terjual. Karena itu, perincian untuk masing-masing kategori juga perlu diperhatikan.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, dirangkum dari laman resmi seller.tokopedia.com pada Minggu (1/1/2022).

Penyesuaian biaya layanan Tokopedia

Per 2 Januari 2023, pemotongan biaya layanan Tokopedia Seller akan dilakukan secara otomatis setelah status pesanan berubah menjadi ‘Pesanan Selesai’ dengan penarikan data sejak pesanan terverifikasi.

Baca juga: Cara Jual Token Listrik lewat HP via Aplikasi Mitra Tokopedia

Contohnya, ketika status Power Merchant aktif pada tanggal 2 Januari 2023 dan checkout transaksi oleh pembeli dilakukan pada tanggal 1 Januari 2023 dengan pembayaran di hari yang sama.

Jika pesanan selesai pada 3 Januari 2023, kenaikan biaya layanan Tokopedia Power Merchant tidak dikenakan pada transaksi tersebut.

Lantas, berapa biaya admin Tokopedia 2023 selengkapnya?

Kategori grup 1

Untuk kategori grup 1 biaya layanan per produk terjual untuk jenis Power Merchant PRO dan Power Merchant naik menjadi 4,5 persen.

Sedangkan, untuk Regular Merchant naik menjadi 3,8 persen. Potongan Regular Merchant Tokopedia baru akan dikenakan setelah transaksi ke-100 bagi penjual baru.

Kategori grup 1 meliputi buku, dapur, elektronik, fashion anak dan bayi, fashion muslim, fashion pria, fashion wanita, handphone dan tablet, ibu dan bayi, kamera, kecantikan, mainan dan hobi, makanan dan minuman, office dan stationery, olahraga, otomotif, perawatan tubuh, perlengkapan pesta dan craft, pertukangan, produk lainnya, rumah tangga, tour dan travel, dan wedding.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Tokopedia di HP, Apakah Bisa Ditutup Permanen?

Kategori grup 2

Selanjutnya, untuk kategori grup 2, biaya layanan per produk terjual untuk jenis Power Merchant PRO dan Power Merchant naik menjadi 3,8 persen. Adapun Regular Merchant (setelah transaksi ke-100) naik menjadi 3 persen.

Kategori grup 2 meliputi dapur, elektronik, film dan musik, gaming, ibu dan bayi, kamera, kesehatan, komputer dan laptop, mainan dan hobi, makanan dan minuman, office dan stationery, otomotif, perawatan hewan, perlengkapan pesta dan craft, dan pertukangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com