Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Minta Penyesuaian Harga Pertamax Diumumkan Seminggu Sekali

Kompas.com - 02/01/2023, 14:55 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan agar pengumuman penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax atau BBM non-subsidi bisa diumumkan seminggu sekali.

Biasanya, penyesuaian harga BBM oleh PT Pertamina (Persero) diumumkan setiap di awal bulan.

"Saat ini kita mau konsultasi dulu agar (update) harga Pertamax bisa dilakukan seminggu sekali," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Erick Thohir: Restrukturisasi Garuda Indonesia Terbesar dalam Sejarah Korporasi Indonesia

Erick mengatakan, usulan tersebut dilakukan mengingat harga BBM Pertamax mengikuti harga pasar, bukan merupakan BBM bersubsidi.

"Pertamax itu kan tidak masuk kategori BBM bersubsidi, artinya (harus) harga keekonomian," kata dia.

Menurut mantan Presiden Inter Milan itu, tujuan dilakukannya update harga BBM Pertamax setiap minggu agar harganya bisa dengan mudah dan cepat menyesuaikan harga pasar.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Turun, Pertamina Review Penurunan Harga BBM Pertamax dkk


"Luar biasa pemerintah ini, Pertamax diberi subsidi padahal BBM non-subsidi. Jangan kita terjebak di birokrasi harga bensinnya turun, aturan belum keluar," kata dia.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berencana menggelar konferensi pers terkait dengan penyesuaian BBM Jenis Bahan Bakar Umum (JBU) pada Minggu (1/1/2023), tetapi dibatalkan.

Erick mengatakan, pihaknya masih melakukan konsultasi agar tidak ada aturan yang dilanggar dalam kebijakan penyesuaian harga BBM.

“Kemarin itu (pengumuman penyesuaian harga BBM) ditunda, karena mau memastikan tidak melanggar (aturan), nanti disangka Menteri BUMN main tabrak-tabrak aja,” tegas Erick.

Baca juga: Erick Thohir: Rights Issue BRIS dan SMGR Tarik Minat Investor

Dikonfirmasi Kompas.com, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya belum melakukan penyesuaian harga BBM di awal tahun karena masih melakukan review.

"Belum ada perubahan, masih kami review," ungkap Irto.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Sederhanakan Aturan di BUMN lewat Omnibus Law

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com