Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergerakan Saham Emiten Baru: BEER Melesat, SOUL Kena ARB

Kompas.com - 06/01/2023, 17:16 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi kedatangan empat perusahaan tercatat baru pada sesi perdagangan Jumat (6/1/2023). Keempat saham emiten baru itu bergerak variatif pada perdagangan perdananya.

Adapun empat emiten anyar itu ialah, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER), PT Mitra Tirta Buwana Tbk (SOUL), PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT), dan PT Citra Buana Prasida Tbk (CBPE). Keempat emiten ini berasal dari tiga sektor yang berbeda, yakni minuman, teknologi, dan properti.

Mengacu kepada data RTI, dari keempat emiten itu, hanya satu emiten yang mampu menguat pada perdagangan perdananya. Emiten yang menguat itu ialah BEER.

Baca juga: Investor Asing Lagi-lagi Catatkan Net Sell, Ini Saham yang Paling Banyak Dijual

Pada perdagangan perdananya, saham BEER ditutup menguat 38 poin atau 17,27 persen ke poisisi Rp 258. Sepanjang hari ini, BEER bergerak pada rentang Rp 228 - Rp 274, dengan nilai transaksi mencapai Rp 123,64 miliar.

Sementara itu, saham emiten properti CBEP terkoreksi tipis 1 poin atau 0,67 persen ke posisi Rp 149. Pada awal perdagangan, CBEP sebenarnya sempat melesat ke level Rp 200, kemudian langsung terkoreksi dan bergerak stagnan pada kisaran Rp 150.

Sementara saham emiten teknologi ELIT terkoreksi 8 poin atau 6,67 persen ke level Rp 112. Sama seperti CBEP, saham ELIT sebenarnya sempat melesat pada awal perdagangan, sebelum akhirnya terkoreksi dan bergerak cenderung stagnan.

Dari keempat emiten yang listing hari ini, SOUL mencatat koreksi paling dalam, bahkan menyentuh level batas bawah perdagangan harian atau auto reject bawah (ARB). Listing dengan harga penawaran Rp 110, saham SOUL langsung anjlok 11 poin atau 10 persen menyentuh ARB ke level Rp 99 pada pembukaan perdagangan.

Baca juga: Cetak Rekor Penjualan 1,3 Juta Mobil, Mengapa Saham Tesla Justru Anjlok?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com