Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Jangka Pendek: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 07/01/2023, 09:25 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ingin keuntungan dalam waktu tidak terlalu lama? Investasi jangka pendek bisa jadi alternatif. Investasi jangka pendek adalah investasi dengan pengembalian kurang dari 3 tahun, namun biasanya kurang dari setahun.

Sesuai namanya, investasi jangka pendek adalah kebalikan dari investasi jangka panjang. Dengan jangka waktu yang pendek, lazimnya keuntungan investasi jangka tidak setinggi investasi jangka panjang.

Dikutip dari Investopedia, investasi jangka pendek adalah investasi keuangan yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai, biasanya kurang dari setahun, meski jangka waktunya bisa lebih lama.

Namun begitu jangka waktunya tidak lama, investasi jangka pendek cukup diminati oleh para investor pemula karena relatif aman. Ada banyak contoh investasi jangka pendek.

Baca juga: Apa Itu Investasi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan investasi jangka pendek adalah produk investasi yang dilakukan dengan cara menyetor atau menyimpan sejumlah dana pada instrumen investasi tertentu dalam kurun waktu yang singkat.

Keuntungan dan modal dari investasi tersebut bisa dicairkan dalam waktu relatif singkat, biasanya mulai dari 3 bulan hingga kurang dari 1 tahun saja.

Jenis dan contoh investasi jangka pendek

Berikut beberapa contoh investasi jangka pendek:

1. Deposito

Contoh investasi jangka pendek pertama adalah deposito. Instrumen satu ini sudah tidak asing di telinga masyarakat. Selain cocok digunakan untuk investasi jangka pendek, banyak orang yang telah mengetahui keamanan dan bagaimana cara kerjanya.

Nasabah akan diberi opsi jangka waktu penyimpanan deposito, mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Untuk cara kerjanya, nasabah hanya bisa mencairkannya saat jatuh tempo dan apabila Anda berniat menariknya sebelum jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan biaya.

Keuntungan yang didapat dari bunga deposito tergantung dari periode waktu yang dipilih. Namun pada dasarnya, bunga yang didapat pada deposito lebih besar dibandingkan tabungan.

2. Reksa Dana

Contoh investasi jangka pendek kedua yakni reksa dana. Reksa dana merupakan salah instrumen investasi dengan mengumpulkan dana kumpulan dari investor dan dikelola oleh manajer investasi agar memperoleh keuntungan bagi para Investor.

Hal ini memudahkan para Investor tidak perlu memikirkan strategi dan cara mengelola dananya.

Jenis investasi reksa dana pun terbilang beragam. Untuk mengetahui jenis reksa dana mana yang cocok dengan profil investasimu, Anda perlu mengetahui profil risiko terlebih dahulu agar strateginya tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com