Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Angin dan Kuku Bima Bakal Penuhi Rak-rak Toko di Kenya

Kompas.com - 10/01/2023, 14:35 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) semakin fokus memperluas pasar di Benua Hitam. Langkah ini ditempuh untuk memperkokoh penjualan di pasar luar negeri.

Setelah berhasil merambah pasar di negara-negara Afrika Barat atau ECOWAS, Sido Muncul akan memulai perjalanannya untuk memasuki pasar di Afrika Timur (EAC) melalui Kenya.

Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat menjelaskan sebagai pintu masuk ke Afrika Timur, SIDO akan melakukan penetrasi ke Kenya dengan produk Tolak Angin Cair dan Kuku Bima Energi.

Baca juga: Mendunia, Produk Olahan Kakao RI Sudah Diekspor ke 96 Negara

"Dan penjualan dari Kenya ke negara tetangga, Tanzania dan Uganda diharapkan akan dimulai pada kuartal pertama di 2024," jelas David kepada Kontan akhir pekan lalu.

Selain memperluas pasar, Sido Muncul juga akan terus mengembangkan produk baru yang tren dan kesadaran kesehatan masyarakat dunia, terutama negara-negara tujuan ekspor SIDO.

Kemudian, lanjut David, perseroan juga melakukan penyesuaian desain kemasan untuk negara-negara tujuan ekspor. Ini dilakukan supaya produk SIDO lebih mudah diterima dan terdengar oleh konsumen di negara tersebut.

Baca juga: Sederet Jurus LPEI Bawa UMKM RI Mendunia


Sementara untuk menggenjot penjualan dari dalam negeri, Sido Muncul akan melakukan pemerataan distribusi di semua saluran sambil sambil menyiapkan produk baru. David bilang SIDO telah menyiapkan produk minuman maupun suplemen herbal.

"Kami menargetkan kenaikan penjualan 10 persen sampai 15 persen pada 2023 ini," imbuh dia.

Hingga akhir September 2022, Sido Muncul berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp 2,6 triliun. Capaian ini turun 5,85 persen secara tahunan dari Rp 2,77 triliun per akhir September 2021. (Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Sejarah SilverQueen, Produk Cokelat Asal Indonesia yang Mendunia

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sido Muncul (SIDO) Rambah Pasar Afrika Timur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com