Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Papua Lukas Enembe Ditahan KPK, Berapa Harta Kekayaannya?

Kompas.com - 10/01/2023, 17:32 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan Gubernur Papua Lukas Enembe pada hari ini, Selasa (10/1/2023), di Kota Jayapura, Papua.

Lukas Enembe ditangkap beberapa penyidik KPK di sebuah restoran di Distrik Abepura, Kota Jayapura, sekitar pukul 11.00 WIT.

Setelah itu, Lukas Enembe dibawa ke Mako Brimob Kotaraja dan telah diterbangkan ke Gedung KPK Jakarta.

"Benar tadi (Lukas Enembe) dibawa ke Brimob," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri kepada Regional Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Dugaan Setoran Rp 560 Miliar ke Kasino, LHKPN Lukas Enembe Cuma Rp 33 Miliar

Kasus yang menjerat Lukas Enembe

Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi senilai Rp 1 miliar sejak 5 September 2022.

Selain dicegah bepergian ke luar negeri, sejumlah rekening dengan total nilai sebesar Rp 71 miliar yang diduga terkait dengan Lukas Enembe telah diblokir oleh PPATK.

Juru Bicara bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Lukas Enembe akan menjalani pemeriksaan setelah tiba di DKI Jakarta. Ali menambahkan, upaya paksa terhadap Lukas Enembe dilakukan untuk kebutuhan penyelesaian berkas perkara.

Tindakan lebih lanjut setelah proses pemeriksaan terhadap Lukas Enembe lanjut dia, sepenuhnya menjadi wewenang tim penyidik KPK.

Lantas, berapa harta kekayaan Lukas Enembe yang kini menjadi tahanan KPK ini?

Baca juga: Intip Kekayaan Lukas Enembe, Gubernur Papua yang Naik Ojek ke PNG

Harta Lukas Enembe

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, harta kekayaan Lukas Enembe mencapai Rp 33,78 miliar dengan periode laporan 31 Maret 2022.

Adapun tanah bangunan yang dimilikinya mencapai Rp 13,60 miliar lebih dan rata-rata berada di Jayapura. Terdapat 6 tanah dan bangunan yang Lukas Enembe miliki di sana.

Kemudian, harta kendaraan yang dimiliki sebesar Rp 932.489.600, surat berharga Rp 1,26 miliar lebih, kas dan setara kas Rp 17,98 miliar lebih.

Di dalam laporan tersebut, Lukas Enembe yang kerap mangkir dipanggil KPK ini ternyata tidak memiliki utang sehingga total kekayaannya sebesar Rp 33.784.396.870.

Baca juga: Sri Mulyani Pastikan Provinsi Baru di Papua Dapat Alokasi Dana APBN 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com