Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: BUMN Harus Untung supaya Bisa Jadi Benteng Ekonomi Nasional

Kompas.com - 11/01/2023, 10:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, perusahaan-perusahaan BUMN harus untuk agar bisa menjadi benteng ekonomi nasional.

“BUMN harus untuk agar keuntungannya bisa melahirkan program yang pro-rakyat dan mengitervensi pasar. Karena kita adalah benteng ekonomi nasional,” kata Erick mengutip Instagram @ErickThohir, Rabu (11/1/2023).

Erick Thohir mengatakan, kalau BUMN untung, maka bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah melalui program-program kementerian.

Baca juga: Erick Thohir: Dirjen Imigrasi Akan Bongkar-bongkar dan Bersih-bersih

“BUMN harus tetap sehat ya, kalau enggak sehat, enggak kaya, enggak bisa nyumbang. Keuntungannya bisa diberikan ke pemerintah untuk program di kementerian,” tambah dia.

Di sisi lain, dengan kondisi ekonomi global yang tidak pasti, sedikit banyak akan mempengaruhi tanah air, yang juga berdampak pada harga-harga kebutuhan. Erick bilang, jika BUMN untung, maka pihaknya bisa mengintervensi pasar dari ketidakpastian harga.

“BUMN harus untung supaya apa? Menjadi benteng ekonomi nasional, ketika ada ketidakpastian harga terjadi, kita bisa intervensi,” tegas mantan Presiden Inter Milan itu.

Baca juga: Jokowi Bertemu PM Malaysia, Erick Thohir: Untuk Saling Jaga Martabat Sesama Bangsa yang Berakar Budaya Sama

Adapun kontribusi BUMN (Dividen, Pajak, dan PNBP) dari 2017 hingga 2019 mencapai Rp 1.130 triliun. Sementara di tahun 2020 hingga kuartal III tahun 2022 mencapai 1.198 triliun, atau tumbuh Rp 68 triliun.

Sementara itu, perbaikan rasio utang terhadap modal BUMN juga membaik, dari 38,6 persen di 2020 menjadi 36,2 persen di 2021. Sementara rasio utang terhadap modal BUMN tahun 2022 kuartal III (unaudit) mencapai 34 persen.

Di kuartal III tahun 2022 laba bersih BUMN mencapai Rp 155 triliun atau tumbuh 154,1 persen (unaudit) dibanding kuartal III tahun 2021, dengan pendapatan usaha Rp 2.091 triliun atau tumbuh 29,6 persen dibanding kuartal III-2021.

Baca juga: Ingin RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia, Erick Thohir Ingatkan Tahun Politik Jangan Terpecah Belah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com