Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Belum Naikkan Bunga Kredit Meski BI Rate Sudah Tinggi

Kompas.com - 11/01/2023, 20:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN masih belum menaikkan suku bunga kredit meski Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan dari 3,5 persen jadi 5,5 persen.

Direktur Finance BTN Nofry Rony Poetra mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum perseroan menaikkan suku bunga kredit. Pasalnya, kenaikan bunga kredit dapat mempengaruhi likuiditas dan kualitas kredit perseroan.

"Pertama, kondisi likuiditas yang kami miliki. Karena bunga acuan naik ada dampaknya ke sumber dana kami," ujarnya saat konferensi pers RUPSLB, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: Heru Budi Hartono Jadi Gubernur DKI, BTN Rombak Susunan Direksi dan Komisaris

Meski demikian, dia memastikan kondisi likuditas perseroan saat ini masih terjaga. Hal ini tercermin dari current account and saving account (CASA) yang terus meningkat sekitar 47-48 persen.

Selain likuiditas, perseroan juga memperhatikan kondisi usaha dari para debitur. Pasalnya, kenaikan bunga kredit di kala kondisi usaha yang masih belum pulih justru dapat menaikkan kredit macet perseroan.

BTN juga terus mencermati kondisi pasar agar bunga kredit perseroan tetap kompetitif dibandingkan bunga kredit bank lain.

Baca juga: BTN Optimistis Laba Bersih Tembus Rp 3 Triliun pada 2022

 


Berdasarkan data BI pada Desember 2022, kenaikan suku bunga perbankan saat ini masih terbatas meski BI sudah lima kali menaikkan suku bunga acuan.

Suku bunga kredit November 2022 tercatat 9,11 persen atau meningkat 17 basis poin dibandingkan dengan level Juli 2022. Hal tersebut dipengaruhi oleh likuiditas perbankan yang masih longgar.

"Jadi intinya kami terus menyeimbangkan untuk strategi peningkatan bunga kredit dari sisi pencapaian target-target bisnis kami, kemudian kualitas kredit, dan tentunya target-target profitabilitas untuk BTN ya," tukasnya.

Baca juga: Sri Mulyani Sentil Bankir yang Bahagia Saat Suku Bunga Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com