Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harbolnas 2022: Produk Fesyen sampai Kebutuhan "Travel" jadi Primadona

Kompas.com - 12/01/2023, 20:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - NielsenIQ Indonesia melaporkan, pada saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 produk fesyen jadi kategori yang paling diburu masyarakat.

Director of NielsenIQ Indonesia Rusdy Sumantri menjelaskan, produk fesyen dan pakaian olahraga jadi salah satu barang yang paling diburu saat Harbolnas 2022.

"Yang paling sering dibeli adalah produk fesyen, kosmetik, dan personal care. Kalau fesyen itu yang paling banyak dicari pakaian, sepatu, dan pakaian muslim," ujar dia dalam konferensi pers Harbolnas 2022 secara virtual, Kamis (12/1/2023).

Baca juga: Survei: 71 Persen Masyarakat Indonesia Manfaatkan Gelaran Harbolnas untuk Berhemat

Ia menambahkan, peningkatan terhadap produk fesyen ini juga dipengaruhi oleh kondisi masyarakat seiring dengan tumbuhnya mobilitas.

"Karena sudah semakin sering betemu orang, biasanya orang ingin berpenampilan lebih menarik," imbuh dia.

Lebih lanjut, ia menemukan produk kebutuhan sehari-hari termasuk kosmetik sejak tahun 2015 selalu menunjukkan pertumbuhan yang konsisten.

"Dari hanya sekitar 20 persen (2015) sekarang sudah menjadi 58 persen (2022). Kenaikan yang luar biasa di kategori kosmetik," imbuh dia.

Baca juga: Masyarakat Gemar Belanja Online, Transaksi Digital Banking Tembus Rp 5.184 Triliun

Sektor travel

Di sisi lain, Rusdy menyoroti kenaikan sektor travel atau perjalanan yang mencapai 9 persen secara tahunan.

Pertumbuhan kategori produk perjalanan atau travel menjadi yang paling tinggi dibandingkan dengan sektor lain yang ditawarkan pada Harbolnas 2022.

Peningkatan kebutuhan perjalanan pada tahun ini jadi yang paling tinggi dibandingkan kontribusnya sejak 2015.

Adapun yang termasuk dalam produk travel atau perjalanan mencakup makanan, aksesoris perjalanan, pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta.

Baca juga: Tren Belanja Kuartal I-2022, Tokopedia: Travel dan Entertainment Naik Dua Kali Lipat


Lebih lanjut, Rusdy menjabarkan, katalis utama yang membuat masyarakat tertarik untuk belanja pada Harbolnas 2022 adalah adanya promo gratis ongkir. Hal lain yang jadi penentu kesuksesas Harbolnas 2022 adalah dengan adanya potongan harga, voucher, dan cashback dari platform yang mengadakan Harbolnas 2022.

Sebagai informasi, total transaksi pada Harbolnas 2022 sebesar Rp 22,7 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 26 persen secara tahunan dibandingkan total transaksi tahun lalu sebesar Rp 18,1 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com