Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampoerna Resmikan Pabrik Produk Tembakau Bebas Asap

Kompas.com - 12/01/2023, 21:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) meresmikan fasilitas produksi produk tembakau inovatif bebas asap di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini merupakan bagian dari investasi dan penciptaan nilai ekonomi perusahaan di Indonesia.

Pabrik yang memproduksi produk tembakau inovatif bebas asap bagi IQOS dengan merek HEETS itu, mulai beroperasi pada kuartal IV-2022 setelah proses pembangunannya dimulai sejak akhir 2021. Realisasi investasinya mencapai sekitar 186 juta dollar AS.

Pabrik HEETS di Indonesia ini sekaligus menjadi fasilitas produksi Philip Morris International (PMI), induk perusahaan HM Sampoerna, untuk produk tembakau inovatif bebas asap yang pertama di Asia Tenggara dan ketujuh di dunia.

Baca juga: Makin Diminati, Fasilitas Pembayaran Paylater di Xendit Meningkat 10 Kali Lipat di 2022

"Investasi yang dilakukan Sampoerna ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam mendorong inovasi, serta penciptaan nilai ekonomi pada banyak sektor antara lain sektor UMKM, ritel tradisional, kemitraan dengan petani, dan pengembangan R&D,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menandai peresmian, Kamis (12/1/2023).

Sementara itu, Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis mengatakan, sebagai perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia selama hampir 110 tahun, pihaknya berharap dapat terus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Hal itu dilakukan melalui investasi berkelanjutan, serta memberikan dampak ekonomi bagi mata rantai dan ekosistem industri tembakau nasional secara keseluruhan.

Ia menuturkan, di samping pembangunan pabrik, Sampoerna juga berkomitmen menciptakan nilai tambah ekonomi yang mencakup peningkatan kapasitas riset, penyerapan tenaga kerja berketerampilan tinggi, dan pembelian pasokan tembakau lokal.

Selain itu, pemberdayaan UMKM yang mencakup dukungan digitalisasi dan peningkatan kapasitas peritel tradisional, pengoperasian pusat layanan digital, serta peningkatan kinerja ekspor.

Baca juga: LPPI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1 Semua Jurusan, Simak Posisi dan Syaratnya

“Saya berharap, investasi kami turut memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi investasi dari dalam dan luar negeri,” kata Vassilis.

Selama lebih dari satu dekade, Philip Morris International telah berinvestasi lebih dari 9 miliar dollar AS untuk pengembangan dan pengenalan produk tembakau inovatif bebas asap. Pengembangan ini melibatkan lebih dari 980 ilmuwan, insinyur, teknisi, dan staf pendukung, termasuk dari Indonesia.

Salah satu produk tersebut yakni perangkat pemanas tembakau bernama IQOS, yang memanaskan batang tembakau tanpa pembakaran, sehingga mengurangi paparan zat berbahaya atau berpotensi berbahaya hingga rata-rata 90-95 persen lebih rendah dibandingkan dengan asap rokok.

“IQOS menggunakan perangkat elektronik untuk memanaskan tembakau, dan bukan membakarnya. Proses pemanasan berlangsung maksimal 350 derajat celsius. Oleh karena itu, tidak ada api, abu, maupun asap,” kata Vassilis.

Baca juga: Banyak Startup PHK Karyawan, Sandiaga Uno: Mereka Menyesuaikan dengan Keadaan Pasar Sekarang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com