Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji CEO Apple Dipotong 40 Persen, Segini Nilainya Sekarang

Kompas.com - 13/01/2023, 14:38 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Gaji CEO Apple Tim Cook mengalami pemotongan 40 persen pada 2023, menjadi 49 juta dollar AS atau setara dengan Rp 742 miliar (kurs Rp 15.145 per dollar AS).

Keputusan ini disetujui oleh para pemegang saham dan telah disampaikan ke United States Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Dalam pengajuan ke SEC, tertulis bahwa Cook yang meminta perubahan gaji tahunan tersebut. Perusahaan juga telah melakukan pengurangan jumlah unit saham yang akan diterima Cook jika Cook pensiun sebelum 2026.

Baca juga: Mulai Tahun Ini Apple Bakal Naikkan Biaya Ganti Baterai untuk iPhone, iPad, MacBook, Simak Rinciannya

Mengutip CNBC, Cook berhasil mengumpulkan kompensasi berbentuk saham dengan nilai di bawah 83 juta dollar AS, insentif 12 juta dollar AS, dan gaji 3 juta dollar AS pada 2022.

Dia juga mendapat manfaat termasuk kontribusi program pensiun, keamanan, perjalanan udara pribadi, dan lebih dari 46.000 dollar AS dalam bentuk uang tunai liburan.

Komite kompensasi Apple mengatakan, keputusan untuk menurunkan gaji Cook merupakan tanggapan atas pemungutan suara pemegang saham di tahun lalu.

Namun demikian, para pemegang saham yakin dan optimis dengan kinerja Cook saat ini dan jangka panjang.

Baca juga: Ini Alasan Apple Berhenti Jual Produk ke Rusia


Akhir-akhir ini, kompensasi untuk eksekutif menjadi sorotan, dan para pemegang saham mendesak untuk memberikan suara terkait dengan kompensasi paket pembayaran Cook tahun lalu.

Komite kompensasi yang terdiri dari Art Levinson, Al Gore, dan Andrea Jung mengatakan telah menjangkau pemegang saham institusional untuk mengukur dan menimbang nilai pendapatan dari Cook.

“Berdasarkan percakapan penting ini, kami telah mengubah ukuran dan struktur kompensasi Tim tahun 2023,” tulis komite tersebut.

Baca juga: Pakai Kadal yang Pura-pura Mati, Cara Apple Kenalkan Fitur iMessage

“Dengan mempertimbangkan ukuran, ruang lingkup, dan kinerja komparatif Apple, Komite Kompensasi juga bermaksud untuk memposisikan kompensasi target tahunan Cook,” kata komite tersebut.

Adapun sebagian besar pendapatan Cook dibayar dalam bentuk saham. Jumlah saham Apple yang dimiliki Cook bergantung pada kinerja Apple versus S&P 500.

Baca juga: CEO Apple Bagikan Tips Jadi Orang Sukses, Salah Satunya Jangan Lupa Bahagia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com